Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Termudah Menjauhkan Hama Semut dan Serangga dari Aglonema

JAKARTA, KOMPAS.com - Hama merupakan salah satu musuh bagi para pecinta tanaman hias yang dapat merusak berbagai macam tanaman hias apa pun, termasuk aglonema.

Salah satu hama yang kerap menganggu dan mudah muncul pada tanaman aglonema adalah semut maupun beragam serangga kecil lainnya.

Kehadiran hama semut dan serangga kecil lainnya juga dapat mengaburkan tampilan cantik pada aglonema.

Dan, apabila hama semut dan serangga kecil kamu biarkan berada pada tanaman aglonema, mereka tak hanya merusak, tapi bisa menyebabkan tanaman aglonema mati.

Apabila serangga-serangga tersebut sudah bersarang di media tanam aglonema, hal itu bisa membuat aglonema mengalami akar busuk, lonyot, hingga akhirnya mati.

Lantas bagaimana cara merawat tanaman aglonema agar terhindar dari hama semut dan berbagai macam serangga lainnya?

Dikutip dari tayangan kanal Youtube Hobi Bunga, Selasa (23/3/2021), kamu bisa mengatasi hama semut dan serangga lainnya dengan menggunakan kapur ajaib.

Mungkin kapur ajaib menjadi bahan pembasmi maupun pencegah semut dan serangga lainnya yang tak asing untuk kamu gunakan di rumah.

Kamu mungkin juga tidak kepikiran untuk menggunakan kapur ajaib agar mencegah semut maupun serangga lainnya muncul di tanaman aglonema.

Kapur ajaib sendiri menjadi bahan pengusir semut dan serangga lainnya yang ramah anggaran. Kamu juga mudah tidak perlu repot mancarinya karena biasanya tersedia di warung-warung maupun mini market.

Untuk cara pengaplikasiannya sangat mudah, kamu hanya perlu menggoreskan atau menaburkan kapur ajaib di sekitaran pot tanaman aglonema.

Atau kamu bisa menggoreskan kapur ajaib ke sekeliling bagian luar badan pot tanaman aglonema milikmu, agar lebih memudahkan.


Pemberian kapur ajaib di sekitaran pot atau di badan luar pot membuat semut dan serangga lain yang merayap tidak bisa mendekati pot tanaman, sehingga mereka pada akhirnya juga tidak bisa menempel pada aglonema dan menyerangnya.

Kapur ajaib sendiri bisa bertahan selama dua hari, sehingga pengaplikasian kapur ajaib ke sekitaran tanaman aglonema bisa kamu lakukan setiap dua hari sekali.

Atau, kamu bisa menggoreskan lagi kapur ajaib ke sekitaran pot tanaman aglonema ketika hujan turun.

Tapi, perlu diingat baik-baik, jangan menaburkan kapur ajaib di sekitar media tanam, karena kapur ajaib merupakan insektisida, sehingga berbahaya bagi aglonema dan bisa membuat rusak.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/23/135910276/cara-termudah-menjauhkan-hama-semut-dan-serangga-dari-aglonema

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke