Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara agar Kamar Mandi Selalu Bersih

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari semua ruangan di rumah, kamar mandi adalah salah satu yang terpenting untuk menjaga kebersihan.

Permukaan kamar mandi dapat menampung semua jenis kuman, termasuk bakteri, virus, dan jamur seperti jamur dan lumut.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Rabu (17/3/2021), pembersihan kamar mandi secara teratur adalah kunci untuk menjaga kebersihan, tetapi ada juga beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan ruang yang lebih higienis tanpa perlu menggosok ekstra.

Inovasi dan teknologi kamar mandi baru seperti perlengkapan tanpa sentuhan membuat lebih mudah dari sebelumnya untuk menjaga kamar mandi Anda bersih lebih lama. Kurangi penyebaran kuman dan jauhkan bakteri dengan cara mudah ini memperbarui kamar mandi.

Perlengkapan Tanpa Sentuhan

Perlengkapan yang secara otomatis menyala dengan lambaian tangan dapat membantu meminimalkan kontak Anda dengan permukaan kamar mandi yang berpotensi terkena kuman. Pertimbangkan untuk mengganti keran standar dan sakelar lampu dengan versi tanpa sentuhan.

Ganti Keset Kamar Mandi

Keset kamar mandi yang lembut mungkin terasa mewah di bawah kaki, tetapi bahan yang mewah bisa menjadi tempat berkembang biaknya jamur, lumut, dan bakteri. Secara umum, keset kamar mandi yang ringan dan cepat kering adalah alternatif yang lebih higienis.

Cari keset kamar mandi yang terbuat dari bahan seperti katun, poliester, atau wol yang menyerap kelembaban dan cepat kering.

Keset kamar mandi yang terbuat dari bahan alami seperti bambu atau tanah diatom (yang terbuat dari fosil alga) secara alami bersifat antibakteri dan mengering lebih cepat daripada bahan kain.

Tetapi jika Anda lebih suka tidak melepaskan keset kamar mandi yang lembut, pastikan untuk mencucinya dengan air panas (untuk desain tanpa alas karet) setiap dua minggu sekali untuk menghilangkan kuman dan bau.

Lindungi Sikat Gigi

Menyimpan sikat gigi di tempat terbuka dapat membuat sikat gigi terkena bakteri dari penyiraman toilet dan percikan wastafel. Agar sikat gigi Anda tetap bersih di sela-sela penggunaan, simpan di dalam wadah yang melindungi dan mensterilkan bulunya.

Hilangkan Kelembaban Berlebih

Terlalu banyak kelembaban di udara dapat menyebabkan pertumbuhan jamur dan lumut serta kerusakan yang berhubungan dengan air pada permukaan kamar mandi.

Untuk menjaga tingkat kelembapan, pastikan untuk menyalakan kipas ventilasi sebelum setiap mandi dan biarkan selama setidaknya 20 menit sesudahnya. Pertimbangkan untuk menurunkan suhu air untuk mengurangi jumlah uap, dan, jika mungkin, buka jendela.


Bersihkan Tirai Kamar Mandi

Tirai dan pelapis shower dapat menjadi tempat berlindung dari jamur, buih sabun, dan penumpukan residu lainnya.

Kabar baiknya adalah bahwa sebagian besar tirai dan pelapis kain dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam mesin cuci dalam siklus yang lembut (periksa labelnya terlebih dahulu untuk memastikan). Untuk mencegah pertumbuhan bakteri sebelum dimulai, pilih liner dengan sifat antimikroba.

Simpan Produk Kebersihan

Kamar mandi yang paling higienis pun perlu dibersihkan secara berkala. Jadikan pembersihan senyaman mungkin dengan menyimpan semua alat dan persediaan yang diperlukan di dalam lemari kamar mandi, lemari, atau tempat penyimpanan lainnya.

Isi wadah dengan semprotan pembersih serbaguna, pembersih toilet, pembersih kaca, kain mikrofiber, sikat gosok, sarung tangan karet, dan kebutuhan penting lainnya. Saat tiba waktunya untuk membersihkan, semua yang Anda butuhkan ada di satu tempat yang mudah diakses.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/17/215350176/6-cara-agar-kamar-mandi-selalu-bersih

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke