Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Biarkan AC Tetap Menyala Saat Tidak Ada di Ruangan, Mengapa?

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendingin ruangan atau air conditioner (AC) menjadi salah satu alat elektronik yang banyak digunakan di beberapa rumah.

Tak bisa dipungkiri, keberadaan AC menjadi hal yang wajib, terutama di lokasi yang memiliki suhu lebih panas.

Udara dingin yang dihasilkan oleh AC ini menjadi kenyamanan bagi penggunanya. Oleh karena itu, banyak dari penggunanya yang dengan sengaja meninggalkan AC mereka dalam keadaan menyala sementara mereka tidak berada di ruangan tersebut.

Hal ini dilakukan agar ketika mereka akan menggunakan ruangan tersebut suhu di dalam ruangan sudah dingin.

Membuang energi

Namun, dilansir dari Good Housekeeping, Jumat (5/3/2021), dengan membiarkan AC bekerja pada pengaturan suhu yang sama sepanjang hari akan membuang energi dan Anda akan membayar lebih besar.

Mungkin tampak seperti membuang-buang energi untuk menyalakan dan mematikan AC Anda, tetapi melakukannya sebenarnya menghemat cukup banyak biaya karena sistem AC bekerja paling efisien saat beroperasi dengan kecepatan penuh.

Jadi, meskipun unit Anda mungkin mengeluarkan lebih banyak kebisingan pada awalnya, mendinginkan ruangan dari 26 derajat menjadi 23 derajat celsius, menyalakan AC sepanjang hari dengan kecepatan yang kurang bertenaga membutuhkan lebih banyak energi secara keseluruhan.

AC juga lebih baik dalam menghilangkan kelembapan rumah Anda saat bekerja dengan sangat baik.

Yang perlu diketahui, AC menggunakan 3 hingga 5 persen lebih sedikit energi untuk setiap derajat Anda menaikkan termostat.

Untuk mendapatkan penghematan energi terbaik, biarkan termostat disetel pada suhu 25 derajat Celsius.

Berikut beberapa cara lain untuk tetap tenang dan mendapatkan lebih banyak penghematan energi pada saat musim panas. 

Termostat yang Dapat Diprogram

Jika Anda memang ingin selalu suhu dalam ruangan sejuk setelah berpergian, solusinya adalah dengan menggunakan termostat yang dapat diprogram. Dengan begitu rumah Anda akan nyaman saat Anda masuk ke dalam rumah.

Kipas Angin Gantung

Kipas tidak selalu membuat ruangan menjadi dingin, tetapi menyebarkan udara ke seluruh kulit dan, membuat Anda merasa lebih sejuk pada suhu yang lebih tinggi. Hal ini memungkinkan Anda menyetel termostat lebih tinggi tanpa mengorbankan kenyamanan.

Tanaman

Tanaman yang diletakkan di sisi Selatan dan Barat rumah akan dapat mengurangi panas udara di siang hari. Anda juga dapat mulai meletakkan tanaman di dalam rumah untuk memberikan kesejukan di dalam ruangan.

Manfaatkan Jendela

Cara termudah untuk mendinginkan rumah adalah dengan membuka jendela, tetapi jangan terlalu banyak membuka jendela, dan ketika siang hari, tutup jendela untuk memblokir panas yang ada di luar.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/05/074149676/jangan-biarkan-ac-tetap-menyala-saat-tidak-ada-di-ruangan-mengapa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke