Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Alasan Mengapa Pencahayaan Penting di Dalam Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Pencahayaan memainkan peran yang sangat penting dalam dekorasi rumah. Menggunakannya dengan baik dapat membantu Anda menghadirkan kehangatan ke area gelap.

Bahkan hal ini dapat membuat rumah terkesan lebih besar karena cahaya didistribusikan ke seluruh area yang gelap.

Dilansir dari Decortips, Rabu (3/3/21) kesan luas tentunya akan ada di rumah atau apartemen yang besar. Namun, sebenarnya dengan memanfaatkan pencahayaan yang benar.

Dalam pencahayaan dibagi menjadi beberapa bagian, sebagai berikut:

Pencahayaan umum: ini adalah sumber cahaya utama di rumah. Penting untuk memiliki jumlah yang baik dari jenis pencahayaan ini di rumah Anda.

Pencahayaan tugas: seperti namanya, ini adalah jenis cahaya yang Anda gunakan untuk hal-hal tertentu, seperti membaca atau menulis. Tempat umum untuk pencahayaan ini adalah meja, nightstand, dll.

Pencahayaan aksen: ini sebagian besar merupakan jenis pencahayaan dekoratif. Anda menggunakannya untuk menonjolkan hal-hal seperti furnitur, lukisan, atau tanaman.

Memperkuat

Pencahayaan yang baik memiliki efek "memperkuat", sedangkan area gelap dan teduh membuat ruang terasa lebih kecil. Pencahayaan yang baik bisa menyoroti atau mengalihkan perhatian dari dekorasi lain, tetapi tujuannya adalah untuk membuat lingkungan lebih menyenangkan.

Warna netral dan pastel juga akan membuat rumah Anda lebih cerah. Rona putih juga tidak harus membosankan, dan dapat membantu Anda membuat ruangan lebih cerah.

Plus, gaya Nordik, yang sangat populer saat ini, sangat mengandalkan corak putih. Sebaliknya, warna gelap akan membuat ruangan terasa lebih kecil. Sebaiknya tidak menggunakannya.

Kedalaman

Pencahayaan juga dapat memberikan kesan kedalaman pada ruangan di rumah Anda. Tetapi Anda harus mendistribusikan objek, furnitur, dan sumber cahaya dengan benar agar ini berfungsi.


Gunakan cahaya putih di dapur dan kamar mandi, dan lampu kuning yang lebih hangat di seluruh bagian rumah.

Anda juga bisa mengecat kusen pintu dengan warna putih atau terang atau warna yang sama dengan warna dinding.

Ini akan membantu mendapatkan efek yang lebih cerah. Ada baiknya juga memiliki kaca di pintu karena akan membiarkan sinar matahari masuk dan memberikan pencahayaan yang alami di dalam ruangan.

Lebih banyak ruang

Selain dapat memperkuat, pencahayaan yang baik bahkan dapat membantu Anda mendapatkan ruangan yang lebih besar. Perasaan yang lebih besar itu memungkinkan Anda menciptakan lingkungan baru.

Anda dapat membuat ruang lain berdasarkan kebutuhan Anda, seperti ruang bermain untuk anak-anak Anda, kantor, ruang makan, dan sebagainya. 

Semakin terang dinding Anda, semakin besar ruangan akan terasa. Salah satu cara untuk membuat ruangan lebih luas adalah meletakkan cermin di dalamnya.

Cermin dapat memantulkan cahaya dan benar-benar dapat membuka ruangan.


Penghematan energi

Pencahayaan rumah yang baik juga penting karena dapat membantu Anda menghemat hingga 40 persen pada tagihan energi Anda.

Penghematan bulanan mungkin tampak kecil, tetapi itu pasti merupakan keuntungan jangka panjang. Selain itu, Anda juga meningkatkan masa pakai bola lampu dengan cara ini.

Penempatan dan desain jendela Anda sangat penting untuk mendapatkan cahaya alami sebanyak mungkin, dan selama mungkin. Jadi, usahakan selalu meletakkan jendela di sisi terbaik rumah Anda, berdasarkan orientasi dan iklim internalnya.

Suasana hati

Tentu saja, kita tidak bisa melupakan manfaat pencahayaan yang baik untuk suasana hati. Kebanyakan orang tidak menyadari kekuatan cahaya dalam kehidupan kita sehari-hari.

Ada alasan mengapa tingkat depresi musiman lebih tinggi di tempat dengan jam sinar matahari lebih sedikit. Di sisi lain, suasana hati benar-benar membaik dengan cuaca bagus dan hari cerah.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/03/132000976/ini-alasan-mengapa-pencahayaan-penting-di-dalam-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke