Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Tanaman Bunga yang Cocok Ditanam di Pot di Dalam Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias berbunga atau tanaman bunga sangat cocok dijadikan dekorasi rumah. Sebab, dengan warna-warni dan bentuk bunga yang indah, tanaman bunga dapat menambah kecantikan dan keceriaan di dalam rumah.

Faktanya, banyak tanaman bunga yang mekar subur dalam waktu yang lama dengan perawatan minimal, sementara ada pula yang mekar hanya dalam waktu singkat.

Namun demikian, pada dasarnya tanaman bunga dapat tumbuh dengan baik asalkan Anda memerhatikan penyiraman dan pemupukannya.

Nah, tanaman bunga apa saja yang cocok ditanam di pot dan diletakkan di dalam rumah? Dilansir dari House Beautiful, Jumat (22/1/2021), berikut uraiannya.

1. Kalanchoe

Tanaman bunga yang masuk keluarga sukulen ini memiliki daun hijau mengkilap dan gugusan bunga merah, kuning, merah muda atau oranye cerah yang bertahan selama berminggu-minggu. Kalanchoe hidup paling baik dalam cahaya tidak langsung yang terang dan lebih suka mengering di antara penyiraman.

Potong kepala bunga setelah layu, lalu nikmati dedaunan sepanjang tahun. Terkadang, kalanchoe akan mekar lagi tahun depan.

2. Christmas cactus

Tanaman ini tidak rewel, dan beberapa hidup selama beberapa dekade.

Bunga mekarnya yang terlihat eksotis datang dalam berbagai warna yang indah mulai dari putih bersih hingga karang, merah muda, dan merah.

Tanaman ini menyukai cahaya tidak langsung yang terang. Sirami saat tanah kering, dan jangan biarkan air menggenang di piring.

3. Cyclamen

Bunga cyclamen yang hadir dalam warna merah muda, ungu, merah atau putih mengapung di atas daun berbentuk hati, dengan mekar baru muncul selama berbulan-bulan.

Beri bunga ini cahaya terang, dan jaga agar sedikit lembab.

Cyclamen juga lebih suka suhu dingin atau daunnya cenderung menguning dan mati.

4. Amarilis

Bunga-bunga amarilis yang menakjubkan  berasal dari umbi. Tempatkan mereka di titik terang, terlalu sedikit cahaya menyebabkan mereka gagal berbunga.

Jaga agar tanah tetap lembab. Mekar terjadi sekitar enam minggu kemudian dan berlangsung selama satu bulan atau lebih.

5. Anggrek bulan

Anggrek yang tampak lembut ini tidak serapuh kelihatannya. Anggrek bulan akan mekar selama berbulan-bulan dan dapat hidup bertahun-tahun dengan sedikit perawatan.

Mereka lebih menyukai cahaya terang dan tidak langsung, yang terbaik adalah jendela yang menghadap ke timur atau barat. Siram sekali seminggu sampai keluar dari dasar pot.

6. African violet

Tanaman dengan bunga yang mungil ini hadir dalam nuansa ungu, merah muda, dan putih, serta mekar hampir terus-menerus. Beberapa di antaranya telah diketahui hidup selama beberapa dekade.

Mereka suka menyerap cahaya tidak langsung di langkan jendela yang menghadap ke selatan, timur atau barat.

Jagalah tanah agar sedikit lembab, dan jangan biarkan air menetes pada daun yang berbulu halus karena akan menimbulkan bercak cokelat.

7. Hibiscus atau bunga sepatu

Hibiscus adalah tanaman bunga menakjubkan yang beradaptasi dengan baik dengan lingkungan dalam ruangan yang tepat. Bunganya yang besar hanya bertahan beberapa hari dan bisa hidup selama beberapa tahun.

Beri cahaya terang agar tetap mekar, dan jaga agar tanah tetap lembab di musim panas, agak kering di musim dingin.

8. Clivia

Bunga anggun ini memiliki bunga berwarna oranye atau kuning yang tahan lama dengan daun mengkilap yang panjang dan bertali. Clivia mentolerir sebagian besar kondisi cahaya.

Biarkan tanaman mengering di antara penyiraman. Ini adalah tanaman berumur panjang, tetapi membuatnya mekar kembali bisa jadi sulit.

Simpan di luar pada musim gugur, lalu pindah ke ruangan paling dingin di rumah Anda sebelum embun beku pertama. Jaga agar agak kering sampai pertengahan musim dingin, lalu tambahkan air secara bertahap.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/01/22/155800176/8-tanaman-bunga-yang-cocok-ditanam-di-pot-di-dalam-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke