Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyimpan makanan di kulkas atau lemari es memang menjadi solusi utama untuk membuat makanan tersebut lebih awet dan tahan lama.

Namun, alih-alih ingin membuat makanan tahan lama, malah menjadikan kulkas tidak memiliki ruang yang cukup dan terlalu penuh.

Dilansir dari Good Housekeeping, Selasa (5/1/2021), ada beberapa bahan makanan yang lebih cocok diletakkan di suhu ruangan daripada di dalam kulkas.

Selain menghindari makanan lebih cepat busuk, memilih makanan yang dimasukkan atau tidak di dalam kulkas membuat kulkas lebih memiliki ruang yang luas.

Lantas, makanan apa saja yang tidak boleh dimasukkan di dalam kulkas? Berikut ulasannya.

1. Roti

Roti dapat mengering dan lebih cepat basi jika diletakkan di kulkas. Sebaiknya disimpat di tempat yang sejuk dan kering.

2. Bawang

Hindari menyimpan bawang di dalam kulkas, karena bawang akan mengalami kebusukan yang lebih cepat. Tapi, simpanlah di tempat gelap, jika tidak mereka akan bertunas.

Selain itu, jangan lupa bahwa jika Anda hanya membutuhkan setengah bawang bombay, Anda dapat membekukan sisanya.

3. Alpukat

Menyimpan alpukat di kulkas dapat membuat alpukat bertekstur lembek. Sebaiknya simpan di kantong cokelat terbuka.

Setelah dipotong, bagaimanapun, paling baik disimpan di kulkas, jadi untuk saat-saat ketika Anda memiliki setengah cadangan.

4. Tomat

Tomat memiliki rasa lebih enak ketika disimpan di suhu ruangan daripada di dalam kulkas. Jadi keluarkan dan simpan di meja atau di ambang jendela dapur.

5. Madu

Madu adalah pengawet alami dan tidak membutuhkan kulkas sebagai penyimanannya. Jadi taruh kembali di lemari yang memiliki suhu ruangan.

6. Kue

Kecuali kue Anda memiliki krim asli, isian krim keju, atau lapisan gula, Anda boleh menyimpannya dalam wadah kedap udara selama sekitar tiga hari.

7. Melon

Jika melon sudah utuh, keluarkan dari kulkas dan dapat disimpan di mangkuk buah karena tidak perlu didinginkan. Setelah Anda memotongnya, gunakan clingfilm untuk menutupinya lalu masukkan ke dalam kulkas.

8. Kopi

Baik dalam bentuk biji atau bubuk, kopi tidak boleh disimpan di kulkas karena baunya dapat diserap. Simpanlah dalam wadah kedap udara.

9. Telur

Menyimpan telur pada suhu kamar sangat aman jika Anda memiliki dapur yang sejuk (idealnya, telur harus disimpan pada suhu kurang dari 20 derajat celsius. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/01/05/130700276/9-makanan-yang-tidak-boleh-disimpan-di-kulkas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke