Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Benda di Rumah yang Bisa Dibersihkan di Hari Minggu Bersama Keluarga

JAKARTA, KOMPAS.com - Minggu adalah hari yang menyenangkan, karena banyak orang yang libur dari bekerja pada hari ini, sehingga memiliki waktu senggang dan bebas melakukan hal apapun di luar pekerjaan.

Karena senggang, hari Minggu bisa jadi waktu yang tepat untukmu dan keluarga melakukan kegiatan bersih-bersih dan merapikan rumah, agar membuat hari-harimu di rumah terasa lebih nyaman.

Tapi ingat, kamu tidak bisa menghabiskan seluruh waktumu di hari Minggu untuk membersihkan rumah sendirian, ajak keluargamu untuk ikut serta.

Membersihkan rumah pada hari Minggu bisa menyenangkan jika kamu berbagi tugas dengan keluarga. Hal ini juga bisa memberi kedekatan dan kerjasama yang lebih baik bagi satu sama lain antar keluargamu.

Jadi, bagi tugasmu dengan anggota keluargamu yang lain. Kamu juga bisa melibatkan anak-anakmu untuk membersihkan rumah.

Tapi, apa saja yang perlu dibersihkan di hari Minggu? Tugas apa saja yang bisa dibagikan kepada masing-masing anggota keluarga?

Untuk menghindari kebingungan di atas, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu dan keluarga bersihkan pada hari Minggu, dilansir dari Boldsky, Minggu, (27/12/2020).

1. Membersihkan kulkas

Membersihkan rumahmu pada hari Minggu ini bisa dimulai dengan membersihkan kulkas yang kamu punya.

Menyimpan berbagai jenis makanan secara teratur di kulkas dapat membuat bau dan noda tidak sedap di dalam kulkasmu.

Gunakan air lemon untuk membersihkan rak-rak di kulkas. Setelah dibersihkan, simpan semangkuk bubuk kopi. Semua bau akan dinetralkan.

2. Dudukan kloset

Dudukan kloset yang kotor menjadi rumah bagi bakteri dan virus. Jika kamu tidak ingin sakit, bersihkan dudukan kloset setiap hari Minggu.


Tuang cairan pembersih toilet ke dalam dudukan kloset dan bersihkan dengan sikat. Setelah itu siram 2-3 kali. Kamu bisa mendapatkan dudukan klosetmu bersih seperti baru.

3. Bersihkan meja belajar

Agar anak-anak ikut terlibat, mereka memiliki tanggung jawab untuk membersihkan meja belajar yang mereka sering gunakan.

Buat anak-anak menyadari betapa mengerikan tampilan meja belajar jika tidak dibersihkan dengan benar. Biarkan mereka mengatur semuanya dan itu juga akan membantu mereka menemukan sesuatu dengan mudah.

4. Bersihkan lemari pakaianmu

Sepanjang hari kamu membuka lemari pakaian, mengambil baju di dalamnya dan menutup pintu. Sekarang, coba lihat kondisi lemari pakaianmu.

Jadi, jika kamu menginginkan barang-barang yang perlu kamu bersihkan di hari Minggu, berkonsentrasilah pada lemari pakaianmu. Jaga segala sesuatunya tetap teratur di dalam lemari.

5. Bersihkan microwave

Ambil wadah microwave yang besar dan tuangkan air ke dalamnya. Sekarang peras lemon ke dalamnya dan tambahkan cuka. Masukan wadah berisi air lemon le microeave dan nyalakan dengan suhu tinggi untuk merebusnya.

Biarkan dingin di dalam dan tunggu selama 15 menit. Buka pintu dan seka dinding microwave. Dan kamu sudah selesai membersihkannya.

6. Atur rak bukumu

Kapan terakhir kali kamu membersihkan rak dan mengatur semua buku yang ada di sana? Bersihkan rak dari debu dan kotoran, serta jaga agar bukumu tetap terbuka di bawah sinar matahari.

Atur dan letakkan koleksi bukumu dengan baik untuk menghindari tumbuhnya jamur dan lumut di rak buku.

7. Bersihkan kipas

Membersihkan kipas adalah salah satu hal terpenting yang juga harus kamu bersihkan di hari Minggu.

Lihat semua kipas yang kamu miliki di rumah, jika kotor dan berdebu beri tugas kepada keluargamu untuk membersihkan masing-masing 1 buah kipas.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/12/27/070700176/7-benda-di-rumah-yang-bisa-dibersihkan-di-hari-minggu-bersama-keluarga

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke