Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hindari, Ini Kesalahan dalam Mendekorasi Ruangan Kecil

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekorasi ruangan kecil memang menjadi sebuah tantangan. Alih-alih ingin memberikan dekorasi yang terbaik malah membuat ruangan semakin sempit dan sesak.

Untuk itu, ada beberapa hal yang harus dijauhi saat mendekorasi ruangan dengan luasan terbatas ini.

Dilansir dari Decor Tips, Jumat (25/12/2020), beberapa hal yang menjadi kesalahan umum sering dilakukan saat mendekorasi ruangan sempit.

Lantas, apa saja kesalahan yang harus dihindari tersebut? Simak ulasannya di sini.

1. Pemilihan Warna Gelap

Saat mendekorasi ruangan kecil, kuncinya adalah mencoba menerangi setiap sudut sebanyak mungkin agar terkesan lebih lapang.

Namun, dengan memilih warna yang kuat atau gelap akan mendapatkan hasil sebaliknya, yakni menjadikan ruangan semakin kecil dan sesak.

Dalam kasus ini, warna putih menjadi pilihan terbaik yang bisa dipadukan dengan nada netral dan warna hangat lainnya untuk diaplikasikan di ruang kecil.

2. Tidak Memperhatikan Ukuran Furnitur

Furnitur menjadi satu elemen pelengkap di ruangan, namun jika ruangan kecil pemilihan furnitur harus diukur terlebih dahulu sehingga menghindari kesalahan dalam memilih furnitur.

Solusi lainnya adalah membuat furnitur custom atau sesuai dengan pesanan sehingga dapat disesuaikan dengan keadaan ruangan.

3. Terlalu Banyak Warna

Di dalam ruangan kecil, desain modern merupakan solusi yang cocok, karena tidak menggunakan banyak warna di dalamnya. Atau bisa menggunakan warna pastel yang lembut di dalamnya.

Sebab, mengaplikasikan terlalu banyak warna di dalam ruangan kecil membuat ketidaknyamanan.

Cobalah untuk membatasi penggunaan warna menjadi tiga dengan item yang berbeda, misalnya warna dinding, tekstil, dan bantal. Namun pilihlah warna yang menenangkan dan yang senada.

4. Terlalu Banyak Partisi

Menggunakan partisi sebagai dinding di ruangan kecil bukan ide yang bagus, karena akan memberikan efek kecil pada ruangan.

Jika tidak bisa menghilangkan partisi, gunakan warna pucat pada furnitur dan partisi agar cahaya dapat memantul ke segala arah sehingga terlihat lebih besar.

Solusi lainnya adalah menggunakan cermin pada ruangan, karena dapat membantu memantulkan cahaya.

5. Menggunakan Berbagai Jenis Keramik

Kesalahan umum lainnya adalah menggunakan jenis keramik yang berbeda di setiap ruanganya. Dengan dapur terbuka yang menghadap ke ruang tamu, lantai yang sama akan memberikan kesan lapang.

Jadi, jika Anda memiliki keramik di dapur dan lantai kayu di bagian lain rumah, Anda dapat melakukan dua hal yakni memperpanjang kayunya, yang harus dirawat dengan pernis untuk melindunginya, atau menempatkan lantai berlapis atau vinil seluruhnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/12/25/171700476/hindari-ini-kesalahan-dalam-mendekorasi-ruangan-kecil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke