Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Ide Dekorasi Rak Buku yang Tidak Membosankan

JAKARTA, KOMPAS.com - Para penggemar buku kerap menata koleksi buku di rumah dengan rak buku. Namun, rak buku tidak mesti memberikan kesan membosankan.

Anda bisa menata rak buku dengan menarik, sehingga mampu mempercantik dekorasi rumah dan ruangan.

Ada beberapa trik dan ide dekorasi rak buku yang bisa Anda ikuti, dikutip dari Style Curator, Kamis (19/11/2020).

1. Mulailah dari yang berukuran besar

Ketika mulai menata rak buku dengan barang-barang dekoratif berukuran kecil, maka akan selesai dalam waktu lama. Sebaiknya, mulai isi rak buku dengan benda-benda berukuran besar, seperti keranjang anyam atau lukisan.

Ini akan membantu Anda memperoleh skala dan keseimbangan yang tepat, serta memberikan gambaran layout dasar rak buku yang diinginkan.

2. Pajang benda seni

Benda seni yang dipajang di rak buku tidak perlu mahal. Misalnya, foto, lukisan, atau poster yang dibingkai.

Benda seni tersebut dapat diganti ketika Anda sudah bosan, pergantian musim, menjelang momen penting, dan sebagainya sesuai keinginan. Pertimbangkan penempatan benda seni di bagian belakang rak, di mana Anda menempatkan benda-benda dekoratif berukuran kecil di depannya.


3. Padukan penempatan buku

Jangan menata buku secara monoton di rak buku. Sebaliknya, susun buku secara vertikal dan horizontal, di bagian kanan, kiri, atau tengah rak.

Dengan memadukan penempatan buku dan tumpukannya, Anda akan membuat rak buku tampak menarik dan menyeimbangkan "beban" rak buku.

4. Tampilkan benda-benda dekoratif

Jangan lupa menambahkan aksen dekoratif pada rak buku. Bisa saja berupa pernak-pernik yang Anda beli saat liburan, pajangan antik warisan orang tua, atau benda lainnya sesuai selera Anda.

Misalnya, orang-orang yang menyukai gaya eklektik bisa menempatkan mesin ketik kuno di rak buku. Sementara para penggemar gaya Skandinavia dapat menempatkan dekorasi yang lebih konkret.

Jangan takut berkreasi. Sebab, seringkali benda-benda yang menurut Anda tidak cocok ditempatkan di rak buku malah bisa menjadi dekorasi yang menarik.

5. Taruh benda di atas tumpukan buku

Salah satu cara menarik menata rak buku adalah dengan membentuk tumpukan buku berlapis, berdasarkan ukuran yang beragam. Untuk menambah dekorasi, taruh benda dekoratif kecil di atas tumpukan buku.

Misalnya, pajangan kecil bergaya unik, atau kotak penyimpanan kecil berbahan tembaga.

6. Letakkan tanaman hias

Tanaman hias akan memberikan kesan hidup pada rak buku Anda. Selain itu, tanaman hias juga memiliki manfaat untuk kesehatan, seperti memperbaiki kualitas udara, hingga menurunkan tekanan darah.

Gunakan pot yang tak kalah dekoratif, misal pot besar berbahan tembaga, terakota, atau vas berbahan kaca.


7. Tambahkan aksen metalik

Beberapa benda metalik akan memberikan kesempurnaan pada dekorasi dan gaya tersendiri untuk rak buku.

Anda bisa memadukan benda-benda metalik dengan berbagai bahan dan warna, misalnya emas, tembaga, rose gold, perak, atau nikel.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/11/19/115800576/7-ide-dekorasi-rak-buku-yang-tidak-membosankan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke