Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Tewaskan 2 Militan dalam Operasi Anti-Teroris

Kompas.com - 11/04/2024, 15:47 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Pemerintah Rusia pada Kamis (11/4/2024) menyatakan telah membunuh dua militan di wilayah Kaukasus Utara dalam operasi anti-teroris.

Dalam pernyataan yang dilaporkan kantor berita pemerintah Rusia dikatakan bahwa Rusia biasa melakukan serangan di wilayah yang bergejolak tersebut.

Yakni usai perang di Chechnya pada 1990-an dan awal tahun 2000-an, namun operasi semacam itu semakin jarang terjadi dalam dekade terakhir.

Baca juga: Hari Ini Rusia Serang Ukraina Selatan, 3 Orang Tewas

Dikutip dari AFP, Komite Nasional Anti-Teroris (NAK) sebelumnya mengumumkan dimulainya operasi anti-teroris di republik Kabardino-Balkaria di Kaukasus Utara.

Dua tersangka pejuang yang merencanakan sabotase dan serangan teroris tewas dalam operasi semalam di Nalchik, kota utama di pegunungan Kabardino-Balkaria, kata badan tersebut, mengutip pernyataan NAK.

Komite tersebut sebelumnya mengatakan pihaknya telah melancarkan operasi untuk melindungi keselamatan warga setelah menerima informasi mengenai lokasi orang-orang bersenjata yang terkait dengan kegiatan teroris.

"Pada malam hari, mereka dihadang oleh spetsnaz (pasukan khusus) FSB di wilayah komunitas taman di kota Nalchik," kata komite tersebut dalam sebuah pernyataan.

"Sebagai tanggapan terhadap usulan untuk meletakkan senjata dan menyerahkan diri kepada pihak berwenang, para bandit menembaki petugas penegak hukum," terangnya.

Media ini menerbitkan gambar pria berseragam yang membawa senjata di kawasan hutan. AFP belum dapat memverifikasi kebenaran gambar tersebut.

Baca juga: Drone Rusia Serang Kota Terbesar Kedua Ukraina, 6 Orang Tewas

Meski demikian, operasi tersebut terjadi sebulan setelah lebih dari 140 orang tewas dalam serangan yang diklaim dilakukan oleh kelompok ISIS di Balai Kota Crocus di luar Moskwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com