Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Drone Rusia Serang Kota Terbesar Kedua Ukraina, 6 Orang Tewas

Kompas.com - 06/04/2024, 23:20 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KHARKIV, KOMPAS.com - Serangan drone Rusia pada malam hari di kota terbesar kedua Ukraina, Kharkiv, menewaskan enam orang dan sepuluh korban luka-luka, kata layanan darurat nasional serta Wali Kota Igor Terekhov pada Sabtu (6/4/2024).

Layanan Darurat Negara Ukraina mengatakan di aplikasi perpesanan Telegram, "Enam orang tewas dan sedikitnya sepuluh orang terluka akibat serangan musuh".

Terekhov juga menyebutkan jumlah korban tewas dan luka-luka yang sama di Telegram, seraya menambahkan bahwa serangan itu menargetkan Shevchenkivskyi, wilayah utara di Kharkiv.

Baca juga: Lituania Bakal Pasok 3.000 Drone Tempur ke Ukraina

Terekhov mengatakan, drone buatan Iran yang melakukan serangan itu, menghantam setidaknya sembilan gedung bertingkat, tiga asrama, dan satu pom bensin.

Sementara itu, gubernur wilayah Oleg Synegubov sebelumnya mengatakan, dua pria tewas di Shevchenkivskyi.

Polisi mengonfirmasi kematian tersebut dan berkata, delapan orang lainnya dirawat di rumah sakit "engan luka ledakan dan luka pecahan peluru.

“Di antara korban luka terdapat dua wanita berusia 25 dan 52 tahun, serta enam pria berusia 23 hingga 76 tahun,” ujar polisi, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga:

Polisi menambahkan bahwa tidak ada korban jiwa dalam serangan terpisah di Mala Danylivka, desa di pinggiran barat laut Kharkiv.

Foto-foto yang dirilis polisi di Telegram menunjukkan beberapa kebakaran di kawasan sipil, termasuk di dekat gedung apartemen bertingkat tinggi.

Pihak berwenang mengatakan, beberapa bangunan rusak dalam serangan itu termasuk blok permukiman dan pom bensin.

Serangan ini terjadi ketika Angkatan Udara Ukraina melaporkan beberapa kelompok drone Rusia terbang di seluruh negeri.

Baca juga: Ukraina-Rusia Saling Serang dengan Drone dan Roket di Kharkiv

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com