Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Ajukan Resolusi Gencatan Senjata di Gaza, DK PBB Akan Voting Hari Ini

Kompas.com - 22/03/2024, 11:08 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber Reuters

WASHINGTON DC, KOMPAS.com  - Amerika Serikat akan meminta Dewan Keamanan PBB pada Jumat (22/3/2024) ini untuk mendukung resolusi yang menyerukan gencatan senjata segera di Gaza dan kesepakatan penyanderaan Israel-Hamas.

AS telah meningkatkan tekanan pada sekutunya, Israel, untuk mengizinkan lebih banyak bantuan kemanusiaan dan melindungi warga sipil dengan lebih baik di Gaza.

Juru Bicara Misi AS untuk PBB, Nate Evans, pada Kamis (21/3/2024) mengatakan, resolusi tersebut merupakan hasil dari "berbagai putaran konsultasi" dengan para anggota Dewan Keamanan yang beranggotakan 15 negara.

Baca juga: AS Minta DK PBB Dukung Resolusi Gencatan Senjata Gaza

Resolusi itu menandai semakin kerasnya sikap AS terhadap Israel.

Sebelumnya, dalam perang Israel-Hamas yang telah berlangsung sejak Oktober, AS tidak menyukai kata gencatan senjata dan memveto langkah-langkah yang mencakup seruan untuk melakukan gencatan senjata segera.

Rancangan resolusi yang dilihat oleh Reuters, menyebutkan bahwa "gencatan senjata segera dan berkelanjutan" yang berlangsung selama sekitar enam minggu akan melindungi warga sipil dan memungkinkan pengiriman bantuan kemanusiaan.

Teks tersebut mendukung pembicaraan yang ditengahi oleh AS, Mesir, dan Qatar mengenai gencatan senjata dan menekankan dukungan untuk menggunakan periode gencatan senjata untuk mengintensifkan upaya-upaya dalam mengejar "perdamaian yang langgeng".

Kedutaan Besar Israel di Washington tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

Untuk dapat lolos di Dewan Keamanan, sebuah resolusi membutuhkan setidaknya sembilan suara yang mendukung dan tidak ada veto dari Amerika Serikat, Perancis, Inggris, Rusia, atau China.

Baca juga: Hamas Tuduh Israel Sabotase Perundingan Gencatan Senjata

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada Kamis mengatakan, ia yakin pembicaraan di Qatar, yang difokuskan pada gencatan senjata selama enam minggu dan pembebasan 40 sandera Israel dan ratusan orang Palestina yang dipenjara, masih dapat mencapai kesepakatan.

Poin utama yang mencuat adalah bahwa Hamas mengatakan akan membebaskan sandera hanya sebagai bagian dari kesepakatan yang akan mengakhiri perang, sementara Israel mengatakan hanya akan membahas jeda sementara.

AS menginginkan dukungan Dewan Keamanan PBB untuk gencatan senjata dikaitkan dengan pembebasan sandera yang ditahan oleh Hamas di Gaza.

Resolusi ini juga dimaksudkan untuk memberikan lonjakan bantuan kemanusiaan ke Gaza, di mana kelaparan yang parah semakin parah.

Selama perang, AS sebenarnya telah memveto tiga rancangan resolusi, dua di antaranya menuntut gencatan senjata segera. Baru-baru ini, AS membenarkan vetonya dengan mengatakan bahwa tindakan dewan tersebut dapat membahayakan pembicaraan gencatan senjata.

AS secara tradisional melindungi Israel di PBB, namun juga telah dua kali abstain, sehingga memungkinkan dewan untuk mengadopsi resolusi untuk meningkatkan bantuan dan menyerukan jeda yang lebih lama dalam pertempuran.

Baca juga: Bos Mossad dan PM Qatar Hari Ini Bahas Gencatan Senjata di Gaza

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com