Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negara-negara Afrika Tertarik Produksi Senjata-senjata Afrika

Kompas.com - 30/09/2023, 19:49 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KYIV, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengatakan, negara-negara Afrika tertarik memproduksi senjata Ukraina, tidak hanya membelinya.

Kuleba mengungkapkannya dalam Forum Industri Pertahanan Internasional yang pertama di Kyiv.

Para pejabat lebih dari 30 negara dan 250 perusahaan pertahanan berkumpul dalam forum tersebut, yang diadakan ketika Ukraina berupaya menarik produsen senjata guna meningkatkan industri senjata dalam negerinya.

 

“Afrika adalah salah satu pasar terbesar bagi produk militer Ukraina sebelum pecahnya perang skala penuh,” kata Kuleba dalam diskusi panel yang diadakan secara tertutup, dikutip dari kantor berita AFP pada Sabtu (30/9/2023).

Dia mengatakan, meskipun Ukraina saat ini tidak dapat menjual senjata apa pun ke Afrika, negara-negara Afrika tertarik memproduksi senjata dan amunisi Ukraina di wilayah mereka sendiri.

“Hal ini berasal dari pemahaman mitra Afrika bahwa senjata Ukraina memiliki kualitas yang sangat tinggi, dan mereka memahami kami sebagai mitra,” kata Kuleba.

Kyiv sangat bergantung pada bantuan Barat sejak Rusia menginvasi tahun lalu, namun semakin berupaya meningkatkan industri senjatanya sendiri di tengah kekhawatiran akan berkurangnya dukungan dari sekutunya.

Mereka berupaya mendapatkan kembali wilayah yang diduduki pada Juni, tetapi mengakui kemajuan yang lambat ketika pasukannya menghadapi garis pertahanan Rusia yang dijaga ketat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com