Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Kanada Justin Trudeau Berencana Copot Banyak Menteri

Kompas.com - 25/07/2023, 09:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

OTTAWA, KOMPAS.com - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berencana merombak kabinetnya minggu ini.

Dia kemungkinan besar akan mengganti para menteri yang dianggap gagal dalam jabatan mereka atau yang tidak berencana untuk mencalonkan diri lagi pada pemilu berikutnya.

Trudeau telah merombak kabinetnya secara berkala sejak berkuasa pada tahun 2015.

Baca juga: Kebakaran Hutan di Kanada Telah Hanguskan 10 Juta Ha Tahun Ini, Setara Luas Portugal atau Islandia

Perombakan ini, yang menurut Canadian Broadcasting Corp kemungkinan besar akan dilakukan pada hari Rabu (26/7/2023), dapat menjadi kesempatan terakhirnya untuk mengganti timnya sebelum pemilihan berikutnya.

Dilansir dari Reuters, tiga menteri membatalkan janji yang telah ditetapkan untuk hari Senin (24/7/2023).

Sudah menjadi hal yang umum bagi para anggota kabinet untuk mengosongkan jadwal mereka dan dipanggil ke Ottawa menjelang perombakan.

Menteri Kesehatan Mental Carolyn Bennett, yang telah menjadi anggota parlemen dari Partai Liberal sejak tahun 1997 dan anggota tetap pemerintahan Trudeau sejak tahun 2015, mengatakan pada hari Rabu bahwa ia tidak akan mencalonkan diri untuk dipilih kembali.

Berbicara kepada wartawan di Toronto, menteri berusia 72 tahun ini tidak mengatakan apakah ia akan tetap berada di pemerintahan untuk sementara waktu, dan hanya menambahkan bahwa ia akan melakukan apa pun yang perdana menteri minta.

Salah satu dari mereka yang membatalkan acara mereka pada hari Senin adalah Menteri Keamanan Publik Marco Mendicino, yang tampaknya akan dipindahkan, menurut kedua sumber tersebut.

Partai-partai oposisi menuduhnya telah salah menangani berkas-berkas sensitif seperti dugaan campur tangan China dalam pemilihan umum Kanada.

Baca juga: Aturan Hakim Kanada, Emoji Jempol Sama Validnya dengan Tanda Tangan

Ada pula masalah terkait upaya untuk mereformasi undang-undang pengendalian senjata dan pemindahan seorang pembunuh terkenal ke penjara yang kurang aman.

Trudeau berada di Ottawa untuk mengadakan pertemuan pribadi pada hari Senin, menurut jadwalnya.

Kantornya belum berkomentar ketika ditanya mengenai kemungkinan perombakan kabinet.

Baca juga: Puing-puing Kapal Selam Titan yang Meledak Diangkat ke Darat di Kanada

Para menteri yang paling berpengaruh termasuk Wakil Perdana Menteri dan Menteri Keuangan Chrystia Freeland, Menteri Luar Negeri Melanie Joly, Menteri Inovasi Francois-Philippe Champagne, dan Menteri Sumber Daya Alam Jonathan Wilkinson diperkirakan akan mempertahankan posisi mereka.

Trudeau hanya memiliki pemerintahan minoritas dan bergantung pada dukungan dari Partai Demokratik Baru yang lebih kecil dan beraliran kiri-tengah, yang telah setuju untuk mempertahankannya berkuasa hingga tahun 2025.

Namun, kesepakatan tersebut tidak mengikat dan sebuah pemilihan umum dapat dipicu jika Demokrat Baru menarik dukungan mereka pada legislasi utama.

Baca juga: Kanada Luncurkan Penyelidikan atas Tragedi Kapal Selam Wisata Titanic

Trudeau memenangkan mayoritas parlemen pada tahun 2015, namun ia harus memimpin pemerintahan minoritas setelah pemilihan umum pada tahun 2019 dan 2021.

Jajak pendapat menunjukkan bahwa Partai Liberal tertinggal dari Partai Konservatif yang beroposisi, yang telah kalah dalam tiga pemilu federal terakhir dari Trudeau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com