Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-506 Serangan Rusia ke Ukraina: Puluhan Drone Iran Ditembak Jatuh Ukraina, Wagner Dipastikan Tak Lagi Ikut Perang

Kompas.com - 15/07/2023, 07:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Al Jazeera

KYIV, KOMPAS.com - Ukraina tampaknya belum menyerah. Meskipun tertatih-tatih, Zelensky dan serdadunya terus berdiri tegak, seolah menantang Putin yang kadang kala goyah.

Pasukan menghajar, diplomasi dengan Barat gencar digalakkan: Ukraina mencoba segala hal, melawan Rusia yang juga tak ragu mengupayakan segala hal.

Seperti film panjang—berikut rangkuman hari ke-506 serangan Rusia ke Ukraina, Jumat (14/7/2023), dilansir dari Al Jazeera.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Aspartam Mungkin Sebabkan Kanker | Kondisi Warga Ukraina Tahanan Rusia

SITUASI PERANG

- Para pejabat Ukraina mengatakan bahwa pertahanan udara mereka menembak jatuh 20 pesawat tak berawak Rusia buatan Iran. Puing-puing pesawat tersebut jatuh di empat distrik di Kyiv, melukai dua orang dan menghancurkan beberapa rumah.

- Militer Ukraina mengatakan bahwa mereka juga mencegat dua rudal jelajah Rusia.
Tembakan Rusia menewaskan tiga orang - seorang wanita berusia 85 tahun di wilayah selatan Kherson, seorang pria berusia 40-an tahun di wilayah selatan Zaporizhia, dan seorang penduduk desa berusia 60 tahun di wilayah utara Sumy.

- Pimpinan militer Rusia memecat Mayor Jenderal Ivan Popov, panglima Angkatan Bersenjata Gabungan ke-58 Rusia yang bertempur di Ukraina selatan setelah ia mengkritik strategi medan perang dan menyatakan keprihatinannya tentang pasukannya yang bertempur tanpa istirahat.

- Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa pasokan senjata baru dari Barat ke Ukraina akan menjadi target prioritas bagi pasukan Rusia yang bertempur di negara tersebut. Ia menegaskan bahwa senjata-senjata tersebut tidak akan mengubah apapun di medan perang dan hanya akan meningkatkan konflik.

- Kepala nuklir Rusia mengatakan bahwa hanya orang yang benar-benar bodoh yang akan cukup gegabah untuk meledakkan pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia di tengah-tengah klaim Ukraina bahwa Rusia merencanakan serangan. Rusia telah menduduki lokasi tersebut sejak minggu-minggu awal invasinya.

- Kelompok tentara bayaran Wagner tidak lagi terlibat dalam operasi militer di Ukraina dengan cara yang signifikan, kata Pentagon, lebih dari dua minggu setelah kelompok itu melakukan pemberontakan bersenjata yang berlangsung singkat di Rusia. Wagner memainkan peran kunci dalam penangkapan Bakhmut oleh Rusia pada bulan Mei.

Baca juga: Josep Borrell di Jakarta: Lavrov Sebut Perang Rusia-Ukraina Akan Terus Berlanjut

- Vyacheslav Gladkov, gubernur wilayah Belgorod, Rusia, mengatakan bahwa serangan penembakan terjadi di beberapa desa di dekat perbatasan Ukraina. Satu orang terluka.

DIPLOMASI

- Putin mengancam akan menarik diri dari kesepakatan biji-bijian Laut Hitam, yang memungkinkan ekspor biji-bijian dan pupuk Ukraina yang aman dari pelabuhan Laut Hitam dan akan berakhir pada pekan depan.

- Rusia telah berulang kali mengancam akan memblokir perpanjangan perjanjian tersebut karena aspek-aspek implementasinya yang mempengaruhi ekspor Rusia.

- Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres telah menyarankan sebuah kompromi, sementara Komisi Eropa mengatakan bahwa mereka bekerja sama dengan PBB dan Turkiye, yang membantu menengahi kesepakatan awal, untuk memperpanjang perjanjian tersebut.

Baca juga: Kondisi Mengenaskan Ribuan Warga Ukraina yang Ditahan Rusia

- Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memuji hasil dari KTT NATO yang berlangsung cepat di Vilnius. "Untuk pertama kalinya sejak kemerdekaan kami, kami telah membangun fondasi keamanan untuk Ukraina dalam perjalanannya menuju NATO," kata Zelensky dalam sebuah video yang diposting di Twitter.

- Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan bahwa NATO tidak pernah sekuat ini setelah menjanjikan lebih banyak paket pertahanan kepada Ukraina untuk melawan invasi Rusia.

- Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan bahwa ia membahas Ukraina dengan diplomat tertinggi China, Wang Yi, di sela-sela pertemuan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Indonesia.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-505 Serangan Rusia ke Ukraina: Gempuran Drone di Kyiv Berlanjut, Posisi Ukraina Unggul di Bakhmut

- Biden mengatakan bahwa ia serius dalam mengupayakan pertukaran tahanan untuk jurnalis Wall Street Journal, Evan Gershkovich, yang telah ditahan di Rusia selama lebih dari 100 hari.

- Lembaga pemberi pinjaman Uni Eropa telah mengumumkan dana baru senilai 400 juta euro untuk digunakan membangun kembali Ukraina sebelum rencana rekonstruksi jangka panjang blok tersebut dimulai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com