Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

262 Atlet Ukraina Tewas akibat Invasi Rusia

Kompas.com - 02/04/2023, 21:43 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

KYIV, KOMPAS.com - Perang Rusia melawan Ukraina telah merenggut nyawa 262 atlet Ukraina dan menghancurkan 363 fasilitas olahraga.

Hal itu diungkap oleh Menteri Olahraga Ukraina, Vadym Huttsait, pada Sabtu (1/4/2023).

Bertemu dengan presiden Federasi Senam Internasional, Morinari Watanabe, Huttsait pun berseru tidak boleh ada atlet dari Rusia yang diizinkan di Olimpiade atau kompetisi olahraga lainnya.

Baca juga: Inggris Desak Sponsor Olimpiade Tekan IOC Larang Atlet Rusia Bertanding

"Mereka semua mendukung perang ini dan menghadiri acara yang diadakan untuk mendukung perang ini," kata Huttsait, terungkap dalam transkrip di situs web Presiden Volodymyr Zelensky.

Pada Jumat (31/3/2023), Ukraina sendiri telah mengatakan para atletnya tidak akan diizinkan untuk mengambil bagian dalam pertandingan kualifikasi untuk Olimpiade 2024 jika mereka harus bersaing dengan atlet Rusia.

Keputusan ini dikritik Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Seperti diketahui, IOC telah merekomendasikan pengembalian secara bertahap atlet Rusia dan Belarus ke dalam kompetisi internasional sebagai atlet netral. Namun, IOC belum memutuskan keikutsertaan mereka di Olimpiade Paris 2024.

 

Setelah invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina pada Februari 2022, sejumlah atlet tingkat nasional Ukraina memang dilaporkan memilih mengangkat senjata secara sukarela untuk membela negara.

Baca juga: Rusia Tuan Rumah Dewan Keamanan PBB, Ukraina: Tamparan untuk Dunia

Dikutip dari AFP, di antara atlet Ukraina yang telah dinyatakan tewas pada tahun ini, yakni sosok skater Dmytro Sharpar yang tewas dalam pertempuran di dekat Bakhmut.

Selain itu, ada juga Volodymyr Androshchuk yang merupakan juara decathlon berusia 22 tahun dan calon atlet Olimpiade masa depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com