Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Izinkan Pengungsi Ukraina Tinggal Lebih Lama

Kompas.com - 14/03/2023, 12:45 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pemerintahan Biden mengizinkan ribuan warga Ukraina yang melarikan diri dari tanah air mereka ketika Rusia menginvasi setahun lalu untuk tinggal di Amerika Serikat lebih lama.

Keputusan tersebut memberikan kelegaan bagi warga Ukraina yang otorisasi satu tahunnya untuk tetap berada di AS akan segera berakhir.

Departemen Keamanan Dalam Negeri mengatakan perpanjangan itu untuk warga negara Ukraina tertentu dan anggota keluarga dekat mereka yang diizinkan masuk ke AS sebelum program Bersatu untuk Ukraina dimulai.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-383 Serangan Rusia ke Ukraina: Ukraina Bantah Tuduhan Georgia, Inggris Antisipasi Ancaman China dan Rusia

Dilansir Associated Press, orang Ukraina yang datang di bawah program Uniting for Ukraine umumnya mendapat dua tahun pembebasan bersyarat kemanusiaan di AS.

Sementara mereka yang datang sebelum mereka biasanya hanya mendapat izin tinggal selama satu tahun.

Badan pemukiman kembali memperkirakan ada sekitar 20.000 orang Ukraina dalam kelompok satu tahun.

Ribuan orang Ukraina datang ke Amerika tahun lalu untuk melarikan diri dari perang.

Pemerintah AS menggunakan program yang disebut pembebasan bersyarat kemanusiaan untuk memasukkan mereka ke negara itu.

Program itu adalah cara untuk memungkinkan orang dari negara lain masuk ke Amerika Serikat secara darurat karena situasi kemanusiaan yang mendesak.

Tetapi biasanya itu untuk waktu yang terbatas, seperti satu atau dua tahun, dan harus diperbarui agar orang dapat tinggal lebih lama.

Baca juga: Pekan Lalu Dinyatakan Hilang, Tentara Taiwan Ditemukan di China, Desersi?

Dalam beberapa tahun terakhir, pembebasan bersyarat kemanusiaan telah digunakan sebagai perbaikan cepat untuk mengatasi dampak dari banyak krisis dunia.

Sistem pengungsi AS yang dibongkar oleh pemerintahan sebelumnya sedang dibangun kembali.

Sekarang banyak kelompok melihat izin mereka untuk tetap berada di Amerika Serikat akan berakhir dalam beberapa bulan mendatang, termasuk puluhan ribu warga Afghanistan.

Hal itu menimbulkan kecemasan yang mendalam bagi ribuan orang yang melarikan diri dari perang di tanah air mereka dan tidak tahu apakah mereka akan diusir dari AS ketika status pembebasan bersyarat kemanusiaan mereka berakhir.

Baca juga: Pertempuran Sengit Tengah Berkecamuk di Bakhmut, Militer Ukraina Vs Grup Wagner

Ketidakpastian juga bisa menyulitkan bisnis yang mempekerjakan mereka dan perlu memastikan karyawan mereka diberi wewenang dengan benar untuk tetap tinggal di negara tersebut.

Ukraina dan imigrasi sama-sama menjadi topik hangat di kalangan politisi Republik yang tidak antusias untuk melanjutkan bantuan untuk perang.

Mereka menuduh pemerintahan Biden tidak berbuat cukup untuk mengendalikan migrasi di perbatasan selatan.

Baca juga: Ukraina Ungkap Identitas Tentara yang Viral Dieksekusi Rusia, Sniper Berusia 42 Tahun

Tetapi bahkan di lingkungan politik yang beracun itu, hanya ada sedikit gerakan untuk memaksa warga Ukraina pulang, yang mencerminkan penerimaan luas bahwa masih terlalu berbahaya bagi mereka untuk pulang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com