Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Pilpres Brasil: Lula Menang, Bolsonaro Bungkam

Kompas.com - 01/11/2022, 08:35 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber Reuters

BRASILIA, KOMPAS.com - Presiden Jair Bolsonaro bungkam setelah kalah dalam pemilihan presiden atau pilpres Brasil 2022 dari Luiz Inacio Lula da Silva.

Menteri Komunikasi Fabio Faria mengatakan, Bolsonaro tidak akan secara terbuka membahas kekalahannya sampai Selasa (1/11/2022).

Ketua partai sekutu yaitu Claudio Cajado sebelumnya mengatakan, Bolsonaro akan berpidato untuk bangsa pada Senin (31/10/2022), hampir 24 jam setelah hasil pilpres Brasil keluar.

Baca juga: Lula da Silva Kalahkan Petahana di Pilpres Brasil, Disambut Pengakuan Kilat Pemimpin Dunia

Tidak diketahui apakah Bolsonaro akan mengakui kekalahan. Cajado berujar bahwa beberapa penasihat mendorongnya untuk melakukannya.

Kemenangan Lula merupakan kebangkitan bagi mantan pekerja logam berusia 77 tahun tersebut yang pernah memerintah Brasil selama 2003-2010, tetapi kemudian menghabiskan waktu di penjara karena tuduhan korupsi yang kemudian dibatalkan.

Bolsonaro selama Senin (31/10/2022) berada di istana presiden tanpa tampil di depan umum. Sebelum pemungutan suara, dia berulang kali membuat klaim tak berdasar bahwa sistem pemilu rawan penipuan.

Reuters melaporkan, sejumlah sopir truk pro-Bolsonaro memblokade jalan raya di seluruh Brasil untuk memprotes kemenangan Lula. Beberapa dari mereka menyerukan kudeta militer.

Pengemudi truk adalah salah satu konstituen utama Bolsonaro, dan sempat menyebabkan kekacauan ekonomi di pengekspor makanan utama Brasil ketika mereka menutup jalan raya.

Sekitar 236 titik demo memblokade sebagian atau seluruh jalan di 20 negara bagian Brasil pada Senin (31/10/2022) malam, menurut polisi jalan raya federal. Namun, blokade tidak serta merta mengganggu ekspor biji-bijian.

Baca juga: Kemenangan Lula da Silva di Pilpres Brasil adalah Kemenangan untuk Demokrasi dan Iklim

Lula bersumpah untuk membatalkan banyak kebijakan Bolsonaro, termasuk tindakan pro-senjata dan perlindungan yang lemah terhadap hutan hujan Amazon.

Para pemerhati lingkungan, pemimpin dunia, dan investor berkelanjutan bersorak atas kemenangan Lula dan komitmennya melindungi hutan serta memulihkan kepemimpinan Brasil dalam perubahan iklim.

Bahkan sebelum dia akan menjabat pada 1 Januari 2023, Presiden terpilih Lula akan mengirim perwakilan ke KTT iklim PBB COP27 di Sharm El Sheikh, Mesir, kata pemerhati lingkungan sekutu Marina Silva, Senin (31/10/2022).

Mahkamah Agung Pemilihan Umum (TSE) menyatakan Lula memenangi 50,9 persen suara, berbanding 49,1 persen untuk Bolsonaro yang menjadi petahana Brasil pertama yang kalah dalam hasil pilpres Brasil.

Baca juga: Neymar Dukung Bolsonaro dalam Pemilihan Presiden Brasil

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com