Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/09/2022, 13:29 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Pangeran Harry tidak melakukan hormat saat peti mati ratu Elizabeth II diangkut keluar dari Wellington Arch di pusat kota London ke Windsor.

Sky News melaporkan, saat itu Raja Charles III, Putri Anne, dan Pangeran William dengan seragam militer beserta keluarga Kerajaan juga ratusan prajurit memberikan hormat dalam pemakaman Ratu Elizabeth II.

Selain Pangeran Harry, Pangeran Andrew juga tidak melakukan hormat.

Baca juga: Momen Emosional Meghan Markle Berlinang Air Mata Saat Pemakaman Ratu Elizabeth II

Dikutip dari Inews, Pangeran Harry dan Pangeran Andrew tidak boleh ikut melakukan penghormatan karena bukan berstatus bangsawan Kerajaan Inggris lagi.

Tugas memberi hormat hanya diperuntukkan bagi yang memakai seragam. Harry dan Andrew karena sudah keluar dari tugas Kerajaan Inggris, mereka memakai setelan jas formal dan tetap berdiri tegak dengan tangan di sisi badan saat yang lain hormat.

Pangeran Harry sebelumnya mengindikasikan, dia tidak ingin ada perdebatan seputar pakaiannya demi menghormati pemakaman Ratu Elizabeth II.

Juru bicaranya berkata, “Pangeran Harry akan mengenakan setelan jas formal di seluruh acara untuk menghormati neneknya."

"Dekade pengabdian militernya tidak ditentukan oleh seragam yang dikenakannya dan kami dengan hormat meminta agar fokus tetap pada kehidupan serta warisan Yang Mulia Ratu Elizabeth II."

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelumnya, Harry dan Andrew sama-sama diberi izin khusus oleh Raja Charles III untuk mengenakan seragam militer saat berjaga di sekitar peti mati Ratu Elizabeth II yang disemayamkan di Westminster Hall pekan lalu.

Baca juga:

Pangeran Andrew saat tiba untuk giliran menjaga peti mati Ratu Elizabeth II yang disemayamkan di Westminster Hall, London, Inggris, 16 September 2022. Pangeran Andrew mendapat dispensasi boleh memakai seragam militer, karena sebenarnya dilarang akibat terjerat kasus pelecehan seksual dan hubungannya dengan Jeffrey Epstein pelaku kejahatan seks di Amerika Serikat.AFP/DANIEL LEAL Pangeran Andrew saat tiba untuk giliran menjaga peti mati Ratu Elizabeth II yang disemayamkan di Westminster Hall, London, Inggris, 16 September 2022. Pangeran Andrew mendapat dispensasi boleh memakai seragam militer, karena sebenarnya dilarang akibat terjerat kasus pelecehan seksual dan hubungannya dengan Jeffrey Epstein pelaku kejahatan seks di Amerika Serikat.
Pangeran Harry--yang bertugas di dua misi Afghanistan selama 10 tahun dinasnya--diizinkan mengenakan seragam Blues and Royals No 1 selama acara tersebut pada Sabtu (17/9/2022) malam.

Halaman:
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+