Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Kenapa Pangeran Harry Tidak Hormat ke Peti Mati Ratu Elizabeth II

Sky News melaporkan, saat itu Raja Charles III, Putri Anne, dan Pangeran William dengan seragam militer beserta keluarga Kerajaan juga ratusan prajurit memberikan hormat dalam pemakaman Ratu Elizabeth II.

Selain Pangeran Harry, Pangeran Andrew juga tidak melakukan hormat.

Dikutip dari Inews, Pangeran Harry dan Pangeran Andrew tidak boleh ikut melakukan penghormatan karena bukan berstatus bangsawan Kerajaan Inggris lagi.

Tugas memberi hormat hanya diperuntukkan bagi yang memakai seragam. Harry dan Andrew karena sudah keluar dari tugas Kerajaan Inggris, mereka memakai setelan jas formal dan tetap berdiri tegak dengan tangan di sisi badan saat yang lain hormat.

Pangeran Harry sebelumnya mengindikasikan, dia tidak ingin ada perdebatan seputar pakaiannya demi menghormati pemakaman Ratu Elizabeth II.

Juru bicaranya berkata, “Pangeran Harry akan mengenakan setelan jas formal di seluruh acara untuk menghormati neneknya."

"Dekade pengabdian militernya tidak ditentukan oleh seragam yang dikenakannya dan kami dengan hormat meminta agar fokus tetap pada kehidupan serta warisan Yang Mulia Ratu Elizabeth II."

Sebelumnya, Harry dan Andrew sama-sama diberi izin khusus oleh Raja Charles III untuk mengenakan seragam militer saat berjaga di sekitar peti mati Ratu Elizabeth II yang disemayamkan di Westminster Hall pekan lalu.

Namun, Harry yang bergelar Duke of Sussex dilaporkan kesal setelah inisial ER (Elizabeth Regina) milik Ratu dilepas dari bahu seragam militernya. Aiguillettes--tali hias--yang sejalan dengan sandi kerajaan di seragamnya juga dilepas.

Sementara itu, Andrew diizinkan memakai sandi kerajaan dan aiguillettes selama berjaga.

Gelar militer Pangeran Harry dicopot setelah meninggalkan tugas kerajaan pada 2020 dan pindah ke Amerika Serikat bersama istrinya, Meghan, yang bergelar Duchess of Sussex.

Kali terakhir Harry mengenakan seragam militer di depan umum sebelumnya adalah Maret 2020, ketika hadir bersama Meghan di Festival Musik Mountbatten di Royal Albert Hall. Harry saat itu mengenakan jaket perwira Marinir Kerajaan berwarna merah cerah.

Di sisi lain, Pangeran Andrew yang bergelar Duke of York diberikan pengecualian khusus untuk mengenakan seragam Angkatan Laut dalam acara penjagaan peti pada Jumat (16/9/2022) sebagai tanda penghormatan khusus.

Dia harus keluar dari tugas kerajaan pada Mei 2020 karena hubungannya dengan penjahat seks Jeffrey Epstein dan terjerat kasus pelecehan seksual.

Pangeran Andrew kemudian dilucuti gelar militer, gelar kerajaan, dan panggilan "Yang Mulia"-nya pada Januari 2022.

https://www.kompas.com/global/read/2022/09/20/132900770/alasan-kenapa-pangeran-harry-tidak-hormat-ke-peti-mati-ratu-elizabeth-ii

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke