Kompas.com - 01/07/2022, 16:31 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin menjanjikan lima hal kepada Indonesia dan dunia setelah pertemuan dengan Presiden RI Joko Widodo.

Jokowi bertemu Putin di Istana Kremlin, Moskwa, pada Kamis (30/6/2022) setelah mengunjungi Ukraina dan berjumpa dengan Presiden Volodymyr Zelensky.

Saat Jokowi ke Rusia, Putin membahas berbagai hal dengan Presiden Indonesia dan menetapkan lima janji.

Baca juga: Keluh Kesah Putin kepada Jokowi

1. Kerja sama nuklir

Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) dan Presiden Indonesia Joko Widodo (kiri). Jokowi bertemu Putin di Kremlin, Moskwa, Rusia, Kamis (30/6/2022). SPUTNIK/MIKHAIL KLIMENTYEV via AFP Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) dan Presiden Indonesia Joko Widodo (kiri). Jokowi bertemu Putin di Kremlin, Moskwa, Rusia, Kamis (30/6/2022).
Putin berjanji menjalin kerja sama di bidang nuklir dengan Indonesia melalui perusahaan Rosatom milik negara.

Menurutnya, dengan pengalaman, kompetensi, dan teknologi yang tak tertandingi, Rosatom State Corporation bersedia mengambil bagian dalam proyek bersama.

"Di Indonesia, banyak perusahaan kami bekerja di sektor energi termasuk di industri pengembangan nuklir nasional, perusahaan Rosatom milik negara," ujar Putin dalam pidato yang dikutip dari kanal YouTube Presiden Joko Widodo.

"Rosatom siap bekerja sama dalam proyek bersama, termasuk yang berhubungan dengan penggunaan teknologi nuklir, obat-obatan, (dan) pertanian," imbuhnya.

Baca juga: Putin Ungkap Minat Rusia Kembangkan Industri Tenaga Nuklir di Indonesia

2. Kerja sama di proyek IKN

Presiden Joko Widodo saat melakukan pembicaraan dengan Presiden Vladimir Putin. Jokowi ke Rusia dan bertemu Putin di Istana Kremlin, Moskwa, Kamis (30/6/2022).Tangkapan layar live streaming KompasTV Presiden Joko Widodo saat melakukan pembicaraan dengan Presiden Vladimir Putin. Jokowi ke Rusia dan bertemu Putin di Istana Kremlin, Moskwa, Kamis (30/6/2022).
Ketika Jokowi bertemu Putin, Presiden Rusia itu juga menjanjikan kerja sama pembangunan ibu kota negara (IKN) Indonesia di Kalimantan.

Putin lalu menawarkan Jokowi menggandeng Russian Railways dalam proyek besar pemindahan ibu kota negara tersebut.

"Ada prospek yang bagus tentang bisnis di pengembangan infrastruktur logistik dan transportasi, khususnya perusahaan Russian Railways dapat bergabung dengan proyek besar pemindahan ibu kota negara Indonesia ke Pulau Kalimantan," kata Putin.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.