Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Zelensky Minta Dukungan Penonton di Festival Glastonbury...

Kompas.com - 25/06/2022, 17:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

GLASTONBURY, KOMPAS.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengimbau melalui tautan video pada hari Jumat (24/6/2022) kepada penonton Festival Glastonbury Inggris untuk mendapatkan dukungan.

Dia mendesak mereka menyebarkan kebenaran tentang invasi Rusia dan untuk menekan para politisi membantu memulihkan perdamaian.

Dilansir Reuters, Zelensky mengenakan seragam militer khasnya, mendapat sorakan setelah menyampaikan pesan yang telah direkam sebelumnya dari dua layar besar di panggung festival musik Lainnya sebelum band rock the Libertines bermain.

Baca juga: Senyum Zelensky Saat Ukraina Jadi Kandidat Negara Anggota Uni Eropa

"Rusia telah mencuri kedamaian kami," katanya kepada orang banyak di Glastonbury, festival lapangan hijau terbesar di dunia.

"Glastonbury adalah konsentrasi kebebasan terbesar akhir-akhir ini dan saya meminta Anda untuk berbagi perasaan ini dengan semua orang yang kebebasannya diserang," kata Zelensky, berbicara dalam bahasa Inggris.

"Semakin banyak orang bergabung dengan kami dalam membela kebebasan dan kebenaran, semakin cepat perang Rusia melawan Ukraina akan berakhir," tambahnya.

Baca juga: “Air Mata Zelensky” Dijual di Supermarket Rusia, Terpampang di Kemasan Botol Vodka

"Buktikan bahwa kebebasan selalu menang."

Zelensky, yang telah membangun hubungan kerja yang erat dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, secara rutin muncul melalui tautan video di depan parlemen nasional dan badan-badan global.

Dia meminta negara-negara membantu Ukraina dalam perang, yang disebut Rusia sebagai "operasi militer khusus".
Baca juga: Jokowi Akan Bertolak ke Ukraina dan Rusia Bulan Ini, Temui Zelensky dan Putin

Dia juga membuat pidato video sebelum Kontes Lagu Eurovision.

Glastonbury telah kembali untuk ulang tahun ke-50 dua tahun lebih lambat dari yang direncanakan setelah pandemi mengacaukan acara 2020 dan 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com