Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Tembakkan Rudal Lagi, Uji Coba Ke-13 Sejak Awal Tahun

Kompas.com - 04/05/2022, 20:31 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber CNN

PYONGYANG, KOMPAS.com – Korea Utara dilaporkan menembakkan rudal balistik ke perairan lepas pantai timurnya pada Rabu (4/5/2022).

Laporan tersebut disampaikan Korea Selatan dan Jepang. Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan, rudal tersebut diluncurkan dari Sunan, daerah di Pyongyang.

Sementara itu, Wakil Menteri Pertahanan Jepang Makoto Oniki menuturkan, rudal tersebut diperkirakan terbang pada ketinggian maksimum sekitar 800 kilometer dengan jarak sekitar 500 kilometer sebelum jatuh ke laut di luar Zona Ekonomi Eksklusif Jepang.

Baca juga: Kapten Tentara Korsel Ditangkap atas Tuduhan Mencuri Rahasia Militer untuk Korea Utara

Peluncuran itu adalah yang pertama bagi Korea Utara sejak menggelar parade militer pada akhir April, sebagaimana dilansir CNN.

Dalam parade militer tersebut, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berjanji untuk meningkatkan pengembangan senjata nuklirnya.

Di antara persenjataan yang dipamerkan pada parade militer itu terdapat rudal balistik antarbenua (ICBM) Hwasong-17, beberapa peluncur roket raksasa, dan rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam.

Baca juga: Kim Jong Un Berseru ke Militer Korea Utara untuk Tingkatkan Kekuatan

“Perdamaian sejati dan martabat nasional serta kedaulatan nasional dapat dijamin oleh kekuatan pertahanan diri yang kuat yang dapat mengatasi musuh,” kata Kim Jong Un dalam sebuah pernyataan yang dirilis KCNA setelah parade.

Dia mengatakan, misi utama dari kekuatan nuklirnya adalah untuk mencegah perang.

Tetapi, sambung Kim Jong Un, jika ada yang mencoba untuk merebut kepentingan fundamental Korea Utara, kekuatan nuklir tidak akan punya pilihan selain menjalankan misi keduanya.

Baca juga: Utak-atik Smartphone, Cara Warga Korea Utara Akali Kontrol Ketat Informasi

CNN melaporkan, peluncuran rudal pada Rabu tersebut adalah yang ke-13 di Korea Utara sejak awal tahun.

Sebagai perbandingan, Korea Utara hanya melakukan empat tes di sepanjang 2020, dan delapan uji coba pada 2021.

Di antara sejumlah tes tahun ini, terdapat peluncuran ICBM pada 24 Maret, uji coba ICBM pertama di Korea Utara dalam lebih dari empat tahun.

Baca juga: Korea Utara Tetap Tak Vaksin Warganya hingga 2 Tahun Pandemi Covid-19, Apa Sebabnya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com