Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Patung Dewi Kuno Berusia Lebih dari 4.500 Tahun Ditemukan di Jalur Gaza

Kompas.com - 26/04/2022, 09:06 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

GAZA, KOMPAS.com - Sebuah patung batu berusia lebih dari 4.500 tahun yang menggambarkan wajah dewi kuno ditemukan di Jalur Gaza selatan, kata otoritas arkeologi di daerah kantong Palestina itu pada Senin (25/4/2022).

Diukir dari batu kapur dengan panjang 22 sentimeter, patung 2500 SM itu ditemukan oleh petani yang bekerja di lahannya di Khan Younis, menurut Kementerian Pariwisata dan Barang Antik untuk Hamas, kelompok yang menguasai Gaza.

"Patung itu mewakili dewi Kanaan, Anat," kata Jamal Abu Reda penanggung jawab barang antik di kementerian itu dikutip dari AFP.

Baca juga: Israel dan Hamas Saling Serang di Jalur Gaza Usai Bentrokan di Masjid Al-Aqsa

Anat, salah satu dewa Kanaan yang paling terkenal, adalah dewi cinta dan perang.

Patung itu ditemukan di rute perdagangan darat penting untuk beberapa peradaban yang hidup di tempat yang sekarang menjadi Jalur Gaza, menurut Abu Reda.

Temuan itu adalah yang terbaru di Gaza, yang pariwisata di situs arkeologinya terbatas karena blokade Israel diberlakukan sejak kelompok militan Hamas mengambil alih daerah kantong itu pada 2007.

Pada Februari, para pekerja di lokasi konstruksi di Gaza utara menemukan 31 makam era Romawi yang berasal dari abad pertama Masehi.

Israel dan Mesir yang berbatasan dengan Gaza sangat ketat membatasi arus orang masuk dan keluar dari wilayah miskin itu, yang dihuni sekitar 2,3 juta warga Palestina.

Pada bulan Januari, Hamas membuka kembali sisa-sisa gereja Bizantium abad kelima setelah upaya restorasi selama bertahun-tahun yang didukung oleh donor asing.

Baca juga: Dua Patung Sphinx Raksasa Ditemukan di Kuil Sejuta Tahun yang Sempat Hilang

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com