Kompas.com - 28/03/2022, 18:45 WIB

KOMPAS.com - Sejak invasi Rusia ke Ukraina, dan gelombang sanksi berat dari AS dan sekutunya, situs web Emirates Rusia mendapat lonjakan pembaca hampir dua kali lipat.

Tren lonjakan pembaca situs web itu menurut parat pengamat kemungkinan akan berlanjut. Pasalnya banyak orang Rusia yang punya uang sedang mencari cara untuk menghindari sanksi ekonomi dan mengamankan kekayaan mereka.

Baca juga: Ukraina Terkini: Rusia Cegah Warga Masuki 26 Bus Evakuasi di Mariupol

Banyak juga yang ingin keluar dari negara itu secepatnya, karena suasana politik yang tidak nyaman lagi.

"Banyak modal masuk ke Dubai, akibat keluarnya orang Rusia yang mencari tempat berlindung yang aman secara finansial," kata orang dalam di sektor energi yang mengetahui seluk beluk investasi di Dubai kepada DW.

Di media sosial juga bermunculan foto tentang orang-orang yang meninggalkan negara itu.

Russian Emirates sendiri adalah majalah gaya hidup berbahasa Rusia di Dubai, yang menawarkan banyak informasi umum kepada pembacanya.

Ada informasi soal bagaimana menemukan makanan Rusia di Uni Emirat Arab (UEA), dan apakah ada dokter berbahasa Rusia di sana.

Namun, pertanyaan yang paling banyak diajukan di situs internetnya adalah: "Bagaimana bisa mendapatkan kewarganegaraan UEA?"

Baca juga: Rusia Selidiki Dugaan Video Pasukan Ukraina Siksa Tawanan Perang

Situasi di UEA lebih mendukung?

Terlepas dari hubungan panjangnya dengan AS, UEA telah berusaha untuk tidak memihak dalam perang di Ukraina, dan tidak ikut menjatuhkan sanksi terhadap Rusia.

Karena itu, belakangan banyak sekali orang Rusia yang meminta informasi.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.