Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gitar Antik Eric Clapton Terjual Rp 9 Miliar dalam Lelang Memorabilia Musik Rock

Kompas.com - 22/11/2021, 05:20 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber AFP

ALBANY, KOMPAS.com - Gitar antik milik Eric Clapton terjual seharga 625.000 dollar AS (Rp 9 miliar) di New York pada lelang memorabilia musik rock pada akhir pekan, yang menghasilkan total hampir 5 juta dollar AS (Rp 71,3 miliar).

Pada Sabtu (20/11/2021) malam waktu setempat menjadi puncak acara memorabilia musik rock di Hard Rock Cafe yang diakhiri dengan pelelangan instrumen akustik Martin D-45 1968 yang dimainkan oleh Eric Clapton pada 1970 selama konser live debut bandnya, Derek and the Dominos.

Derek and the Dominos adalah grup yang berada di balik lagu klasik "Layla".

Baca juga: Festival Monster of Rock: Warisan Abadi Pagelaran Musik Keras Dunia

Melansir AFP pada Minggu (21/11/2021), Julien Auctions yang menangani pelelangan barang memorabilia musik rock, memperkirakan instrumen itu akan dijual seharga 300.000 dollar AS (Rp 4,3 miliar) hingga 500.000 dollar AS (Rp 7,1 miliar).

Meskipun harga lelang gitar antik Eric Clapton melebihi ekspektasi, itu masih jauh di bawah rekor penjualan gitar akustik yang dimainkan oleh mendiang vokalis Nirvana, Kurt Cobain.

Gitar akustik Kurt Cobain terjual 6 juta dollar AS (Rp 85,6 miliar) pada 2020.

Gitar akustik tersebut dimainkan oleh mendiang vokalis Nirvana Kurt Cobain selama penampilan "MTV Unplugged" yang terkenal pada 1993.

Eric Clapton adalah orang kelahiran Inggris yang saat ini berusia 76 tahun. Ia adalah seorang legenda rock and blues.

Baca juga: 24 September 1991: Nirvana Rilis Nevermind, Ubah Arah Rock Dunia

Beberapa tahun terakhir, Eric Clapton telah vokal memberikan sikap ke arah konservatisme sayap kanan, dengan gigih melawan vaksinasi Covid-19 dan tindakan lockdown. Ia juga rasis.

Gitar antik lainnya yang dijual dalam lelang memorabilia musik rock tersebut adalah Gibson Explorer tahun 1976 yang dimainkan oleh gitaris utama U2, The Edge, yang menghasilkan 437.500 dollar AS (Rp 6,2 miliar).

Fender Stratocaster yang digunakan oleh gitaris Pink Floyd, David Gilmour, yang dijual dengan harga 200,000 dollar AS (Rp 3 miliar).

Hampir 1.000 lot memorabilia terjual dalam lelang "Icons & Idols: Rock N Roll", yang menampilkan barang-barang yang dimiliki atau terhubung dengan The Beatles, Guns N' Roses, Nirvana, Michael Jackson, Amy Winehouse, Whitney Houston, Lady Gaga, Madonna, Elvis Presley, dan Rolling Stones.

Baca juga: Aksi Jimi Hendrix Bakar Gitar, Momen Rock And Roll Paling Ikonik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com