Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Jimi Hendrix Bakar Gitar, Momen Rock And Roll Paling Ikonik

Kompas.com - 25/07/2021, 15:52 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber CNN

KOMPAS.com - Ed Caraeff baru berusia 17 tahun ketika dia mengambil foto ikonik Jimi Hendrix yang sedang membakar gitarnya di Festival Musik Pop Internasional Monterey 1967.

Dilansir CNN, dalam bukunya yang berjudul "Burning Desire: The Jimi Hendrix Experience Through the Lens of Ed Caraeff," sang fotografer rock and roll ini merekam momen bersejarah itu.

"Tidak ada yang seperti dia. Anda belum pernah melihat yang seperti itu. Maksud saya, saya telah melihat beberapa orang yang luar biasa dan dia benar-benar hebat," kata Caraeff saat pertama kali melihat Hendrix tampil.

Baca juga: Jimi Hendrix sampai John Lennon, Musisi Terkenal yang Memprediksi Kematian Mereka Sendiri

Festival Pop Internasional Monterey yang digelar Juni 1967, menampilkan Hendrix dan Fender Stratocasternya dalam bentuk seni yang mungkin, paling liar dari apapun.

Hendrix masih berusia 24 tahun saat itu, tapi dirinya sudah berhasil mengokohkan rock and roll sebagai bentuk seni yang harus diperhitungkan.

Dengan kemeja acak-acakan, rompi beludru, celana merah cerah, ditambah syal di dahinya, Hendrix segera menarik perhatian saat mulai melangkah di atas panggung dengan gitarnya.

Entah cairan apa yang dibawanya, saat beraksi, Hendrix menyiram cairan itu ke Fendernya, dan blar! Gitar pun terbakar, begitu pula riuh tepuk tangan penonton.

Ini adalah pertunjukan paling ikonik dalam sejarah rock.

Baca juga: Mengenang Setengah Abad Kepergian Jimi Hendrix, Sang Gitaris Legendaris

Saat gitar Hendrix terbakar, Ed Caraeff yang saat itu masih berusia 17 tahun, berjongkok di kursi di depan panggung.

Dia pun mengambil gambar yang nantinya akan muncul di sampul majalah Rolling Stone--tidak hanya sekali, tetapi dua kali.

Hendrix pun sangat terkesan dengan foto-foto itu sehingga dia mengundang Caraeff untuk memotret pertunjukan masa depannya.

Karier barunya sebagai fotografer rockstar, membuat Careef mengenal Hendrix dengan akrab.

Baca juga: Gitar Legendaris Jimi Hendrix Laku Dilelang Rp 3 Miliar

Masih dilansir CNN, di luar panggung, Caraeff menggambarkan Hendrix sebagai sosok yang "sangat pendiam dan paling keren".

Tapi ketika dia melangkah ke atas panggung, dia berubah.

"Dia sangat alami. Sangat alami. Tapi, dia adalah seseorang yang tidak bisa menangani obat-obatan, alkohol, dangaya hidup," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com