Singapura: Suntikan Booster Covid-19 adalah Keharusan

Kompas.com - 20/11/2021, 20:03 WIB
Ilustrasi vaksin booster Moderna. Moderna laporkan perlindungan vaksin Covid-19 yang dikembangkannya terus berkurang seiring waktu. Perusahaan mendukung pemberian dosis booster atau dosis ketiga untuk vaksin mRNA ini. SHUTTERSTOCK/oasisamuelIlustrasi vaksin booster Moderna. Moderna laporkan perlindungan vaksin Covid-19 yang dikembangkannya terus berkurang seiring waktu. Perusahaan mendukung pemberian dosis booster atau dosis ketiga untuk vaksin mRNA ini.

SINGAPURA, KOMPAS.comSingapura menyatakan booster atau dosis ketiga vaksin Covid-19 adalah keharusan untuk melawan ganasnya varian delta virus corona.

“Kita akan tiba pada momen di mana setiap warga yang telah menerima dua dosis vaksin harus menerima suntikan booster vaksin Covid-19.” Menteri Kesehatan Ong Ye Kung menuturkan Sabtu siang (20/11/2021)

Menteri Ong melanjutkan komunitas ilmuwan dan medis dunia mulai menyimpulkan dosis ketiga krusial sama halnya seperti vaksin Hepatitis B.

Baca juga: Petarung MMA Bunuh Dokter Setelah Berdebat soal Vaksin Covid-19

Menurunnya antibodi vaksin menjadi pertimbangan utama pentingnya menyuntikan booster.

Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) menyampaikan perlindungan terhadap Covid-19 yang diberikan dosis pertama dan kedua vaksin menurun setelah 6 bulan. Angka ini bahkan lebih cepat untuk warga lanjut usia (lansia).

Menyikapi ini, Singapura memutuskan memangkas interval antara dosis kedua dan dosis ketiga.

Mulai 24 November, seluruh kelompok usia dapat menerima suntikan booster berjarak lima bulan setelah menerima dosis kedua.

Sebelumnya rentang lima bulan hanya diberlakukan kepada warga lansia berumur 60 tahun ke atas. Sedangkan untuk warga yang lebih muda yaitu antara 30 hingga 59 tahun direkomendasikan menerima suntikan booster enam bulan setelah dosis kedua.

Singapura menargetkan separuh atau 50 persen warga telah menerima suntikan booster Covid-19 pada akhir tahun 2021.

Baca juga: Novalia Pishesha, WNI Peneliti di AS, Temukan Vaksin Covid-19 yang Mudah Diproduksi di Indonesia

Saat ini jumlah warga yang telah disuntik boster adalah 21 persen. Sedangkan persentase warga yang telah menerima penuh vaksin Covid-19 sebanyak dua dosis adalah 85 persen, salah satu yang tertinggi di dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.