Kompas.com - 28/10/2021, 22:30 WIB
Para finalis untuk mendapatkan hadiah uang berasal dari berbagai kalangan. AONE MEDIA via ABC INDONESIAPara finalis untuk mendapatkan hadiah uang berasal dari berbagai kalangan.

CANBERRA, KOMPAS.com - Para petani stroberi di Queensland mengatakan bahwa kompetisi untuk memberi hadiah uang bagi pemetik buah telah menyelamatkan hasil panen mereka tahun ini.

Setiap musimnya, negara bagian Queensland memproduksi sekitar 42 persen dari hasil produk stroberi Australia setiap tahunnya, dengan nilai industri keseluruhan adalah 435 juta dollar Australia tahun lalu.

Namun dengan penutupan perbatasan internasional karena Covid-19, para petani menghadapi kesulitan mendapatkan para pekerja guna memastikan bahwa tanaman yang mudah rusak ini bisa dipanen tepat waktu.

Baca juga: Dibuka Lowongan Jadi Petani Stroberi di Australia, Berhadiah Rp 1 Miliar

Manajer pemasaran QSGA Jane Richter yang pertama kali muncul dengan ide hadiah undian untuk menarik pekerja.JENNIFER NICHOLS via ABC INDONESIA Manajer pemasaran QSGA Jane Richter yang pertama kali muncul dengan ide hadiah undian untuk menarik pekerja.
Jane Richter manajer pemasaran Asosiasi Petani Stroberi Queensland (QSGA) kemudian muncul dengan ide untuk memberikan undian total bernilai Rp 1 miliar kepada 10 orang yang mau bekerja sebagai pemetik buah.

"Ketika saya menyampaikan ide ini kepada tim eksekutif bulan Februari lalu, hampir semua yang hadir ternganga tidak percaya dengan ide ini," kata Richter sambil tertawa.

Namun kemudian ada 5 ribu orang yang mendaftar untuk bekerja dan kemudian 2.500 orang betul-betul menjadi pemetik stroberi, konsep ini sekarang memetik hasilnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Seluruh perkebunan stroberi yang saya tanyai mengatakan promosi yang kami adakan membuat mereka bisa memproduksi lahan dan memanen, sesuatu yang sebelumnya mereka sangat khawatir tidak bisa dilakukan," kata Richter lagi.

Semakin lama seorang pekerja berada di sebuah perkebunan, maka dia akan menjadi lebih banyak poin untuk dimasukkan ke dalam undian, dengan 10 orang akhirnya dipilih sebagai pemenang yang dipilih oleh komputer.

Presiden QSGA Adrian Schultz mengatakan komperisi ini sudah mendapat perhatian nasional.JENNIFER NICHOLS via ABC INDONESIA Presiden QSGA Adrian Schultz mengatakan komperisi ini sudah mendapat perhatian nasional.
"Berita promosi ini sudah didengar di seluruh Australia, sekarang kami dianggap sebagai yang paling terdepan dalam usaha menarik pekerja," kata Presiden QSGA Adrian Schultz.

Ini semua adalah berita baik di saat musim petik buah di Queensland hampir berakhir.

Baca juga: Mau Jadi Petani Stroberi Berhadiah Rp 1 Miliar di Australia? Ini Syaratnya...

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.