Bangun Rute Narkoba, Kartel Terkuat Meksiko Perluas “Kerajaan Kriminal” di Seluruh Amerika Latin

Kompas.com - 20/10/2021, 15:01 WIB
Ilustrasi kartel narkoba di Meksiko. ShutterstockIlustrasi kartel narkoba di Meksiko.

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Kartel Meksiko Jalisco Nueva Generacion (CJNG) yang kejam memperluas kerajaan kriminalnya ke selatan ke Amerika Tengah dan Selatan dengan membuat aliansi, mengancam pihak berwenang, dan membangun “rute narkoba”.

Menurut dokumen dan sumber yang berbicara kepada Insider, CJNG awalnya berbasis di negara bagian Jalisco, Meksiko tengah.

Tapi operasi kartel itu telah menyebar ke hampir setiap negara bagian di Meksiko. Terbaru, sebarannya sampai ke negara-negara seperti Guatemala, El Salvador, Honduras, Nikaragua, Kolombia, dan Chile.

Baca juga: Ketika Perang Lawan Kartel Malah Buat Geng Kriminal Makin Subur di Meksiko

Kartel Jalisco Nueva Generaciontelah digambarkan oleh pejabat AS sebagai organisasi kriminal "bersenjata terbaik" di Meksiko, dan "salah satu organisasi kriminal transnasional paling berbahaya di dunia."

Pihak berwenang AS mengatakan organisasi tersebut berusaha beroperasi di AS melalui geng lokal. Tetapi CJNG ingin memiliki rute narkoba dan rantai pasokan di seluruh Amerika Latin.

Sebuah laporan baru-baru ini dari Kantor Kejaksaan Agung Chile menjelaskan bagaimana CJNG mencoba membangun operasi di dalam negeri, untuk "produksi marihuana konsentrasi tinggi dalam skala besar."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jaksa Agung Chile Jorge Abbott membahas masalah ini pada konferensi pers baru-baru ini. Chile menurutnya telah berubah dari negara transit narkoba menuju utara, "menjadi negara di mana kartel Meksiko yang sangat terkenal ingin menetap."

Baca juga: Hari Pertama Menjabat, Polisi di Meksiko Dikirimi Kepala Manusia oleh Kartel Narkoba

Operasi kartel yang meluas juga meresahkan Guatemala. Anggota kartel baru-baru ini mengancam Polisi Nasional Guatemala karena "mencuri" sejumlah obat-obatan milik pemimpin CJNG, Nemesio Oseguera Cervantes.

Pihak berwenang AS menawarkan 5 juta dollar AS (Rp 70,6 juta) untuk pimpinan kartel yang dikenal sebagai "El Mencho" itu.

Dalam sebuah video yang diunggah online pada awal September, diduga anggota CJNG mengancam beberapa petugas polisi Guatemala.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.