Kompas.com - 20/10/2021, 14:39 WIB
Tangkapan layar diambil dari video yang dirilis oleh militer Pakistan yang mendeteksi kapal selam India masuk ke perairan Pakistan. [Militer Pakistan Via Al Jazeera]
Militer Pakistan Via Al JazeeraTangkapan layar diambil dari video yang dirilis oleh militer Pakistan yang mendeteksi kapal selam India masuk ke perairan Pakistan. [Militer Pakistan Via Al Jazeera]

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Angkatan Laut Pakistan mengklaim telah "mendeteksi dan memblokir" kapal selam India masuk wilayah perairan Pakistan pada awal pekan ini.

Menurut sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh militer Pakistan pada Selas (19/10/2021), percobaan serangan oleh kapal selam India terjadi pada Sabtu malam waktu setempat (16/10/2021).

Serangan India ke Pakistan itu tercatat sudah ketiga kalinya sejak 2016.

“Selama lingkungan keamanan yang berlaku, pengawasan ketat telah dilakukan oleh Angkatan Laut Pakistan untuk menjaga perbatasan maritim Pakistan,” kata pernyataan Pakistan, seperti yang dilansir dari Al Jazeera pada Selasa (19/10/2021).

Baca juga: Indonesia dan Malaysia Mengaku Khawatir Soal Rencana Kapal Selam Nuklir Australia

Dikatakan kapal selam India itu telah "dideteksi dan dilacak secara prematur oleh pesawat patroli maritim jarak jauh (Angkatan Laut Pakistan)".

Sementara ini belum ada respons dari pemeirntah India terkait laporan penyerangan armada kapal selamnya di wilayah perairan Pakistan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Militer dan pemerintah dari dua negara bertetangga di Asia Selatan itu secara teratur saling menuduh satu sama lain, biasanya berpusat di sekitar dugaan kelompok-kelompok bersenjata yang beroperasi di wilayah masing-masing.

Serangan pada Selasa (19/10/2021) adalah tuduhan ketiga kalinya yang dinyatakan oleh militer Pakistan sejak 2016, bahwa telah dideteksi kapal selam India. Dua klaim sebelumnya terjadi pada November 2016 dan Maret 2019.

Serangan yang dilaporkan pada 2019 terjadi beberapa hari setelah ketegangan militer terjadi di wilayah Kashmir yang disengketakan.

Hal itu membuat kedua negara saling mengebom dan pertempuran udara berakhir dengan jet tempur India ditembak jatuh oleh jet Pakistan.

Baca juga: Insinyur Angkatan Laut Jual Informasi Rahasia Kapal Selam Nuklir AS

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Al Jazeera
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.