Kompas.com - 19/10/2021, 13:20 WIB
Penemuan pedang tentara Perang Salib yang berusia 900, di lepas pantai Israel. [SS/YOUTUBE/THE NEWS] SS/YOUTUBE/THE NEWSPenemuan pedang tentara Perang Salib yang berusia 900, di lepas pantai Israel. [SS/YOUTUBE/THE NEWS]

TEL AVIA, KOMPAS.com - Seorang penyelam amatir menemukan pedang tentara Perang Salib berusia 900 tahun di lepas pantai Israel.

Penyelam bernama Shlomi Katzin menemukan pedang tentara Perang Salib itu saat scuba diving sekitar 200 meter ke laut pada akhir pekan kemarin, seperti yang dilansir dari Mirror pada Senin (18/10/2021).

Dia mengatakan melihat potongan beberapa benda lainnya selain pedang tentara Perang Salib, seperti tembikar, jangkar batu dan logam.

Baca juga: 7 Penemuan Penting Revolusi Industri

Katzin memutuskan untuk mengangkatnya ke permukaan karena dia khawatir benda berharga itu akan tertutup pasir.

Pedang penemuan Shlomi Katzin itu terkubur di kedalaman yang dangkal sekitar 4-5 meter di daerah yang sering dikunjungi penyelam.

Penyelam itu kemudian memberi tahu Otoritas Barang Antik Israel (IIA), yang mengonfirmasi bahwa pedang itu milik seorang tentara Perang Salib.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pedang yang telah diawetkan dalam kondisi sempurna, adalah penemuan yang indah dan langka. Jelas ini milik seorang tentara Perang Salib," ujar Inspektur Unit Pencegahan Perampokan IAA Nir Distelfeld.

"Itu (pedang tentara Perang Salib) ditemukan telah berbalut organisme laut, tetapi tampaknya (pedang) terbuat dari besi," kata Distelfeld.

Baca juga: 5 Penemuan Jejak Pengorbanan Manusia dari Peradaban Kuno

"Sangat menyenangkan untuk menemukan objek pribadi seperti itu, membawa Anda pada 900 tahun yang lalu, ke era yang berbeda, dengan ksatria, baju besi, dan pedang," ungkapnya.

Para arkeolog telah menjelaskan bahwa pedang yang diyakini milik tentara Perang Salib itu panjang bilahnya 1 meter dan gagannya 30 sentimeter.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Mirror
Rekomendasi untuk anda
INTERNASIONAL
Sejarah Negara Israel
Sejarah Negara Israel
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.