Kompas.com - 17/10/2021, 20:30 WIB
Ilustrasi jet tempur F-16 AS. SHUTTERSTOCKIlustrasi jet tempur F-16 AS.

ANKARA, KOMPAS.com - Presiden Recep Tayyip Erdogan pada Minggu (17/10/2021) mengatakan, Turki sedang dalam pembicaraan dengan Amerika Serikat untuk membeli jet tempur F-16.

Sebelumnya, Turki sudah memulai program F-35 untuk pembelian sistem pertahanan rudal Rusia.

Washington mencoret Ankara dari program jet tempur siluman F-35 NATO pada 2019, setelah Turki membeli sistem udara pertahanan S-400 Rusia yang berlawanan dengan peringatan dari para sekutu Baratnya.

Baca juga: Abaikan Amarah AS, Turki Tetap Beli S-400 Rusia Lagi

Akuisisi tersebut membahayakan hubungan Turki-AS dan menggagalkan rencana Turki untuk membeli sekitar 100 jet tempur F-35.

Turki sekarang mencari kompensasi atas dikeluarkannya mereka dari program pimpinan AS, termasuk pembayaran 1,4 miliar dollar AS (Rp 19,7 triliun) yang telah dilakukan sebelum didepak.

Pembelian jet F-16 Turki dari Amerika tentu saja terkait dengan masalah F-35, kata Erdogan kepada wartawan di bandara Istanbul sebelum memulai tur Afrika, dikutip dari AFP.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia mengatakan, AS telah menawarkan Turki penjualan F-16 sebagai imbalan untuk meningkatkan armada angkatan udaranya.

“Kami sudah katakan kami akan mengambil langkah apa pun yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pertahanan negara kami,” kata Erdogan dikutip dari AFP, seraya menambahkan bahwa Turki sedang berupaya untuk memodernisasi armada pesawat tempurnya.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.