Hamas Lawan Israel dengan Hujan Roket, Seperti Apa Sistem Persenjataannya?

Kompas.com - 15/05/2021, 20:16 WIB
Hamas diyakini memiliki sederet rudal yang dapat membalas serangan militer Israel. GETTY IMAGES via BBC INDONESIAHamas diyakini memiliki sederet rudal yang dapat membalas serangan militer Israel.

GAZA, KOMPAS.com - Walau kematian, kerusakan dan penderitaan muncul di kedua belah pihak dalam pertikaian Palestina-Israel, konflik ini sangat tidak seimbang.

Israel jelas kubu yang jauh lebih kuat. Dengan kekuatan tempur udara, drone bersenjata, dan sistem pengumpulan intelijen, Israel dapat dengan mudah menyerang target mereka di Gaza.

Israel membuat klaim bahwa serangan mereka hanya menyasar tempat-tempat yang digunakan sebagai basis kelompok militer Palestina.

Baca juga: Sejarah Berdirinya Israel

Di sisi lain, kelompok Hamas meladeni kekuatan Israel dengan mengandalkan roket-roketnya.

Pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh, juga telah mengancam akan meningkatkan serangan, sembari memberi peringatan bahwa "bila Israel ingin meningkatkan (serangan), kami siap untuk itu," seperti yang dikutip AFP.

Namun kepadatan penduduk Palestina sangat tinggi. Ada juga fakta bahwa fasilitas Hamas dan Islamic Jihad berada dekat dan di antaranya tersembunyi di bawah bangunan warga sipil.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Konsekuensinya, mencegah jatuhnya korban sipil sama sekali tidak mungkin.

Meski berstatus sebagai kubu yang "lebih lemah", Hamas dan Islamic Jihad memiliki persenjataan yang dapat menyerang Israel.

Dua kelompok bersenjata di Palestina ini sudah mencoba berbagai taktik. Baru-baru ini sistem pertahanan Israel menembak jatuh drone, yang mungkin bersenjata, yang melintas ke wilayah Israel dari Gaza.

Seorang juru bicara militer Israel menyebut satu "tim elite Hamas" berusaha menyusup ke Israel melalui terowongan dari bagian selatan Jalur Gaza.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X