Kompas.com - 15/05/2021, 18:09 WIB
Putin yang berusia 68 tahun sebelumnya mengatakan bahwa vaksin Rusia efektif dan aman. AFP PHOTO/MIKHAIL KLIMENTYEVPutin yang berusia 68 tahun sebelumnya mengatakan bahwa vaksin Rusia efektif dan aman.

MOSKWA, KOMPAS.com – Pemerintah Rusia secara resmi menganggap Amerika Serikat (AS) dan Republik Ceko sebagai negara yang tidak bersahabat.

Moskwa juga mengumumkan bahwa misi diplomatik AS tidak dapat lagi mempekerjakan staf lokal sementara misi diplomatik Ceko dapat mempekerjakan staf lokal maksimal 19 orang.

Baca juga: Guru Ini Lindungi Muridnya dari Penembakan di Rusia, tetapi Anaknya Tewas Ditembak

Sebelumnya, Rusia mengumumkan larangan AS mempekerjakan staf lokal pada bulan lalu sebagai bagian dari pembalasannya atas sejumlah sanksi yang dijatuhkan Washington kepada Moskwa.

AS menjatuhkan sanksi bertubi-tubi kepada Rusia karena dituduh ikut campur dalam pilpres 2020 dan keterlibatannya dalam peretasan terhadap lembaga-lembaga penting AS.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan, AS memiliki waktu hingga 1 Agustus untuk memenuhi persyaratan baru tersebut.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hubungan antara Rusia dan Ceko memanas bulan lalu ketika Praha menuduh intelijen militer Moskwa berada di balik ledakan di sebuah depot amunisi pada 2014.

Baca juga: Rusia Berduka atas Korban Penembakan di Sekolah Kazan

Setelah membuat tuduhan tersebut, Ceko juga mengusir puluhan staf diplomatik Rusia sebagaimana dilansir The Guardian, Jumat (14/5/2021).

Rusia menolak tuduhan tersebut dan membalas dengan mengusir diplomat Ceko.

Tak cukup sampai di situ, Rusia juga memerintahkan Ceko untuk memecat sebagian besar staf lokalnya di Moskwa.

Kementerian Luar Negeri Ceko menyesalkan langkah terbaru dari Rusia tersebut.

Baca juga: 7 Anak Tewas dalam Penembakan Sekolah Rusia, Tersangka Seorang Pemuda

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X