Daftar Negara yang Larang Warga India Masuk karena Covid-19 Mengganas

Kompas.com - 23/04/2021, 19:10 WIB
India melaporkan lebih dari 200.000 kasus virus corona baru, pada Kamis (15/4/2021), dengan 14 juta secara keseluruhan terinfeksi, dan semakin intensif membebani sistem perawatan kesehatan yang rapuh.
AP PHOTO/RAJESH KUMAR SINGHIndia melaporkan lebih dari 200.000 kasus virus corona baru, pada Kamis (15/4/2021), dengan 14 juta secara keseluruhan terinfeksi, dan semakin intensif membebani sistem perawatan kesehatan yang rapuh.

KOMPAS.com – Covid-19 di India mengganas saat melaporkan kasus harian Covid-19 tertinggi dalam satu hari yakni sebanyak 314.835 kasus pada Kamis (22/4/2021).

Jumlah tersebut menjadikan India memecahkan rekor sebagai negara yang mencatatkan kasus Covid-19 terbanyak dalam satu hari di dunia.

Baca juga: Positif Covid-19 dan Langgar Karantina Mandiri, Pasutri di India Dikunci Tetangganya Sendiri

Sejumlah rumah sakit di wilayah India utara dan barat, termasuk New Delhi, telah mengeluarkan pemberitahuan bahwa stok oksigen sudah sangat menipis.

Selain itu, India mencatat lebih dari 2.000 kematian akibat Covid-19 pada Rabu (21/4/2021).

Saat situasi Covid-19 di India semakin parah, para pemimpin dunia mempertimbangkan kembali penerbangan yang berangkat dari “Negeri Anak Benua” tersebut.

Beberapa negara bahkan sudah melarang penerbangan yang berasal dari India.

Melansir Khaleej Times, Jumat (23/4/2021), berikut daftar negara yang sejauh ini melarang penerbangan dan membatasi penumpang dari India:

Baca juga: Pasok Tabung Oksigen Rumah Sakit di India Kosong Saat Kasus Covid-19 Melonjak

1. Pakistan

Pakistan pada Senin (19/4/2021) melarangan kedatangan penumpang dari India baik melalui udara maupun darat selama dua pekan ke depan.

Langkah tersebut diambil Pakistan setelah muncul varian baru mutasi ganda virus corona.

Pusat Komando dan Operasi Nasional Pakistan (NCOC) akan melakukan peninjauan terhadap beberapa negara pada 21 April, mengingat adanya varian virus corona dari India di negara lain.

Baca juga: Covid-19 India Mengganas, Cerita WNI: Warga Kasta Atas Merasa Hebat, Abaikan Prokes

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X