Benjamin Netanyahu Harapkan Kesuksesan Vaksinasi Covid-19 Membawanya Menang Pemilu Israel

Kompas.com - 23/03/2021, 15:48 WIB
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu AFPPerdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu

TEL AVIV, KOMPAS.com - Perdana Menteri Benjamin Netanyahu berharap perannya dalam program vaksinasi Covid-19 yang cepat, dapat membuatnya menang kembali dalam pemilu.

Melansir Reuters pada Selasa (23/3/2021), masyarakat Israel mulai memberikan suara pemilu pada Selasa ini, yang akan menentukan kelanjutan nasib politik dari pemimpin veteran negara komunis itu.

Netanyahu yang saat ini berusia 71 tahun adalah kepala pemerintahan terlama di Israel, yaitu 12 tahun.

Baca juga: Ini 5 Senjata Api Ampuh yang Dipakai Tentara Israel

Sejak 2009, ia telah memimpin negara yang terpolarisasi secara politik, di mana pendukungnya menyebut ia sebagai "Raja Bibi", sedangkan pihak lawannya menyebutnya sebagai "menteri kejahatan".

Tempat pemungutan suara dibuka pada pukul 7 pagi (0500 GMT) dan akan ditutup pada pukul 10 malam (2000 GMT), pada Selasa (23/3/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam pemilu ke-4 bagi Netanyahu, Yair Lapid, mantan menteri keuangan yang mengepalai partai sentris Yesh Atid, muncul sebagai penantang utamanya.

Baca juga: Studi Israel: Vaksinasi Covid-19 terhadap Wanita Hamil Dapat Lindungi Bayi

Jajak pendapat mengindikasikan peningkatan suara untuk partai sayap kanan Netanyahu, Likuid, di hari-hari terakhir kampanye.

Dalam perjalanan kampanye, Netanyahu telah menyoroti perannya dalam mengamankan jutaan dosis vaksin Covid-19 dari Pfizer Inc dan mengubah Israel menjadi apa yang ia juluki sebagai "negara vaksinasi".

Sekitar setengah dari warga Israel telah diinokulasi dengan kecepatan yang menarik pujian internasional untuk Netanyahu.

Baca juga: Israel Temukan Potongan Gulungan Alkitab yang Berusia 2.000 Tahun

Lalu, menarik seruan kepada Israel untuk berbuat lebih banyak yang dapat memastikan warga Palestina di Tepi Barat dan Gaza yang diduduki juga menerima vaksin Covid-19.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X