Video Militer Israel Tangkap Anak-anak Palestina yang Cari Sayuran di Dekat Pemukiman Ilegal Yahudi

Kompas.com - 13/03/2021, 08:16 WIB
Anak-anak Palestina ditangkap pasukan militer Israel di pemukiman ilegal Yahudi di Tepi Barat. [@banabyad/Twitter] @banabyad/TwitterAnak-anak Palestina ditangkap pasukan militer Israel di pemukiman ilegal Yahudi di Tepi Barat. [@banabyad/Twitter]

TEL AVIV, KOMPAS.com - Pasukan Israel menahan 5 anak Palestina, beberapa jam setelah mereka mengumpulkan sayuran liar di dekat pos pemukiman Yahudi di Tepi Barat yang diduduki.

Melansir Al Jazeera pada Kamis (11/3/2021), kelompok HAM Israel, B’Tselem, merilis video penangkapan di selatan Bukit Hebron, di mana tentara Israel bersenjata berat menyeret anak-anak itu pergi.

Potongan video sebelumnya menunjukkan anak-anak sedang mengumpulkan akoub, tanaman yang mirip artichoke.

Baca juga: 3 Nelayan Palestina Tewas Terkena Ledakan Drone Israel

Di saat bersamaan, dua pemukim bermasker muncul dari rerimbunan pohon di dekat pos terdepan pemukim ilegal di Havat Maon.

Pos terdepan berlokasi dekat Masater Yatta, kumpulan 19 desa kecil warga Palestina.

Area itu serng menjadi target serangan oleh militer Israel dan pemukim Yahudi di sana.

"Di sini adalah contoh lain pengabaian mutlak pihak berwenang dan pasukan Israel di lapangan terhadap kesejahteraan dan hak-hak warga Palestina, tidak peduli seberapa muda atau rentannya," kata juru bicara B'Tselem, Amit Gilutz.

“Anak paling muda dari kejadian kemarin berumur delapan tahun,” tambahnya.

Baca juga: Anda Bukan Orang Israel, Anda Orang Arab, Sebuah Keluarga Arab-Israel Diusir Saat Piknik di Tepi Barat

Anak-anak, yang berusia antara 8-13 tahun, ditahan selama sekitar 5 jam di sebuah kantor polisi di pemukiman Kiryat Arba, menurut Gaby Lasky, seorang pengacara HAM yang mewakili mereka.

Dua anak tertua, yang berusia 12 dan 13 tahun, diperintahkan untuk kembali pekan depan untuk diinterogasi lebih lanjut karena, di bawah hukum militer Israel, mereka dianggap cukup dewasa untuk menghadapi dakwaan.

Halaman:

Sumber Al Jazeera
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X