5 Negara Ini Sahkan Driver Ojol Jadi Karyawan, Dapat Gaji Tetap dan Uang Pensiun

Kompas.com - 18/03/2021, 08:21 WIB
Ojek online menggunakna GPS pada ponsel saat berkendara mengantar dan menjemput penumpang. Ojek online menggunakna GPS pada ponsel saat berkendara mengantar dan menjemput penumpang.

LONDON, KOMPAS.com - Sekitar 70.000 driver ojek online Uber di Inggris akan menjadi karyawan dengan gaji tetap.

Dengan demikian, para driver ojol itu akan mendapat upah minimum, tetap dibayar saat liburan, uang pensiun, dan asuransi.

Masing-masing driver Uber akan mendapat standar upah nasional senilai 8,72 poundsterling atau setara Rp 174.000 per jam.

Baca juga: Menang di Pengadilan, 70.000 Driver Uber Jadi Karyawan Tetap

Melansir pemberitaan AFP pada Rabu (17/3/2021), berikut adalah daftar lima negara yang sudah dan akan mengesahkan driver ojol sebagai pegawai tetap.

1. Inggris

Pada Selasa malam (16/3/2021) Uber mengatakan, akan memberikan driver hak bayaran saat liburan dan uang pensiun.

Sekitar 70.000 driver Uber di "Negeri Ratu Elizabeth" sekarang akan mendapat setidaknya upah minimum saat mengemudikan taksi di aplikasi buatan perusahaan Amerika Serikat (AS) tersebut.

2. Spanyol

Spanyol adalah negara pertama di Uni Eropa yang mengesahkan driver di jasa pengiriman adalah staf bergaji tetap, dengan mendapat semua hak dan perlindungan seperti cuti sakit dan tetap dibayar saat libur.

Pemerintah sayap kiri Spanyol bertindak setelah pengadilan tertinggi negara itu menetapkannya pada September 2020.

Namun, perusahaan-perusahaan seperti UberEats, Deliveroo, Stuart, dan Glovo mengecam reformasi tersebut, dengan dalih mengancam sektor bisnis mereka.

Baca juga: Pertama di Uni Eropa, Spanyol Tetapkan Driver Ojol sebagai Karyawan Bergaji

3. Amerika Serikat

Para voters di California pada 2019 mengakui driver ojek online dan kurir sebagai karyawan, tetapi perusahaan besar termasuk Uber dan Lyft enggan mematuhinya.

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X