Tangkal Ancaman China, Menhan AS Bakal Safari ke Asia

Kompas.com - 14/03/2021, 11:51 WIB
Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin. AP PHOTO/PATRICK SEMANSKYMenteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin berencana untuk melakukan safari ke Asia.

Hal itu diungkapkannya pada Sabtu (13/3/2021) sebagaimana dilansir AFP. Dia akan berangkat dari Hawaii, pusat komando militer AS untuk wilayah Indo-Pasifik.

Safari tersebut bertujuan untuk meningkatkan kerja sama militer dengan sekutu AS san menangkal ancaman dari China.

“Ini semua tentang aliansi dan kemitraan. Ini juga tentang meningkatkan kemampuan," kata Austin kepada wartawan sebagaimana dilansir AFP.

Baca juga: [Biografi Tokoh Dunia] Wu Lien Teh, Dokter Malaysia-China Pelopor Masker Bedah

Dia menambahkan, safari tersebut akan mencakup pertemuan dengan sekutu utama AS seperti Jepang, India, dan Korea Selatan.

Melansir AFP, ketika AS berfokus pada perjuangan anti-teroris di Timur Tengah, China sedang tancap gas dalam memodernisasi tentaranya.

"Keunggulan kompetitif yang kami miliki telah terkikis. Namun kami masih mempertahankan keunggulan itu. Kami akan meningkatkan keunggulan itu ke depan,” tutur Austin.

Austin berujar, kini AS bertujuan untuk memiliki kemampuan serta rencana operasional untuk dapat mencegah ancaman China atau siapa pun yang ingin melawan AS.

Baca juga: China Buat Aturan Baru di Pemilu Hong Kong, Begini Gambarannya...

Saat berada di Tokyo dan Seoul, Lloyd akan disusul oleh Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.

"Salah satu hal yang ingin saya dan Menteri Luar Negeri AS lakukan adalah mulai memperkuat aliansi itu," kata Lloyd.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X