6 Hari Menjabat, Berikut Daftar Lengkap Kebijakan Eksekutif Biden

Kompas.com - 26/01/2021, 08:53 WIB
Presiden Joe Biden menandatangani perintah eksekutif pertamanya di Gedung Putih pada Rabu (20/1/2021). AP PHOTO/EVAN VUCCIPresiden Joe Biden menandatangani perintah eksekutif pertamanya di Gedung Putih pada Rabu (20/1/2021).

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Sejak hari-hari pertamanya menjabat, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden segera membongkar banyak peraturan era Trump dan membuat langkah-langkah besar untuk meningkatkan respons Covid-19 bangsa.

Presiden baru juga memerintahkan pembentukan berbagai perlindungan lingkungan dan perubahan kebijakan imigrasi.

Seminggu penuh pertamanya bekerja sebagai presiden, Biden terus fokus membatalkan sejumlah kebijakan Trump, termasuk larangan militer transgender yang kontroversial.

Melansir NBC News pada Selasa (26/1/2021), berikut adalah ringkasan dari langkah-langkah yang telah diambil presiden sejauh ini.

Hari pertama

1. Memorandum pembekuan pengesahan sejumlah aturan yang dibuat pada hari-hari terakhir kepresidenan Trump.

Menurut memorandum Biden ini, semua aturan baru dan yang menunggu keputusan yang disahkan pada hari-hari terakhir masa jabatan Trump akan ditinjau oleh kementerian dan lembaga negara di bawah pemerintahannya.

2. Perintah eksekutif yang bergabung kembali dengan Perjanjian Paris tentang perubahan iklim

Memenuhi salah satu janji kampanyenya, Biden berkomitmen untuk mengembalikan AS ke dalam Perjanjian Paris tentang perubahan iklim. Pakta internasional itu bertujuan untuk mengendalikan emisi karbon yang menyebabkan pemanasan global.

Trump menarik diri dari perjanjian pada 2017, dengan alasan biaya yang harus ditanggung pembayar pajak Amerika.

Baca juga: Joe Biden Dikabarkan Izinkan Transgender Daftar Tentara AS

3. Perintah eksekutif untuk mempromosikan kesetaraan ras

Halaman:

Sumber NBC News
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X