Argentina Sahkan UU Aborsi

Kompas.com - 25/01/2021, 23:58 WIB
Para pengunjuk rasa pro-aborsi mengenaka kain hijau merayakan pengesahan undang-undang yang melegalkan aborsi di luar Kongres Argentina, di Buenos Aires, 30 Desember 2021.
AFP via VOA INDONESIAPara pengunjuk rasa pro-aborsi mengenaka kain hijau merayakan pengesahan undang-undang yang melegalkan aborsi di luar Kongres Argentina, di Buenos Aires, 30 Desember 2021.

BUENOS AIRES, KOMPAS.com - Undang-Undang (UU) aborsi yang bersejarah resmi diberlakukan di Argentina pada Minggu (24/1/2021).

Kelompok-kelompok perempuan dan para pejabat pemerintah berharap UU itu bisa diimplementasikan sepenuhnya, meski mendapat tentangan dari beberapa kelompok konservatif dan kelompok gereja.

Argentina menjadi negara terbesar di Amerika Latin yang melegalkan hak aborsi.

Baca juga: Suami Positif HIV, Wanita Ini Aborsi Bayinya dan Ajukan Cerai

Perkembangan itu terjadi setelah Senat pada 30 Desember mengesahkan sebuah legislasi yang menjamin prosedur itu bagi kehamilan usia 14 minggu ke bawah, serta bagi kehamilan akibat perkosaan atau apabila kesehatan ibu terancam.

Keputusan itu dianggap sebagai kemenangan bagi gerakan feminis di negara Amerika Selatan itu, yang bisa membuka jalan bagi langkah serupa di kawasan yang konservatif dan mayoritas memeluk Katolik Roma yang taat.

Paus Fransiskus sempat menyampaikan keberatannya sebelum pemungutan suara dan para pemimpin gereja telah mengkritisi keputusan itu.

Para pendukung UU itu mengatakan, mereka memperkirakan akan ada sejumlah gugatan hukum dari kelompok-kelompok anti-aborsi di beberapa provinsi konservatif, dan sejumlah klinik kesehatan swasta mungkin akan menolak melakukan prosedur itu.

Baca juga: Kaleidoskop 2020: Kasus Kriminalitas di Banten yang Bikin Heboh, Madu Palsu hingga Praktik Aborsi


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X