Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Sampai Dua Hari Positif Covid-19, Presiden Portugal Sudah Dinyatakan Negatif

Kompas.com - 12/01/2021, 23:49 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber AFP

LISBON, KOMPAS.com - Presiden Portugal Marcelo Rebelo de Sousa sekarang sudah dinyatakan negatif virus corona setelah hasil tes pada Senin (11/1/2021) mengatakannya positif terpapar Covid-19.

Sebelumnya dalam pernyataan resmi kepresidenan pada Selasa (12/1/2021), Marcelo menyatakan pembatalan seluruh kegiatan publiknya. Termasuk agenda debat mempertahankan jabatannya dalam Pemilihan Presiden pada 24 Januari mendatang.

Pasalnya, hasil tes Covid-19 menyatakan dia positif terpapar virus, meski "tanpa gejala", kata para pejabat pemerintahan Senin (11/1/2021). Dia pun langsung menjalani solasi di istana presiden Lisbon.

Namun melansir AFP pada Selasa (12/1/2021) pernyataan terbaru menyarakan, "Hasil tes yang dilakukan pada malam hari, negatif.”

Kepala negara berusia 72 tahun itu disebut akan tetap dalam isolasi, menunggu untuk menjalani tes konfirmasi lanjutan.

Baca juga: Presiden Portugal Dinyatakan Positif Covid-19

Portugal menghadapi lockdown baru setelah rekor kematian 122 dalam 24 jam terakhir dan hampir 4.000 orang di rumah sakit pada Senin (11/1/2021).

Perdana Menteri Portugal, Antonio Costa mengatakan Pemerintah Sosialis sedang bersiap mengumumkan kembali pembatasan pada Rabu (13/1/2921). Aturannya akan serupa dengan yang diberlakukan selama penguncian pertama pada Maret.

Kampanye untuk pemilihan 24 Januari, secara resmi dimulai pada Minggu (10/1/2021). Prosesnya telah dipotong seminimal mungkin, dan ditangguhkan karena pengumuman penguncian baru untuk mengekang lonjakan kasus baru.

Jajak pendapat memperkirakan terpilihnya kembali Rebelo de Sousa yang konservatif di putaran pertama pemungutan suara, tanpa adanya kandidat yang secara resmi didukung oleh politikus Sosialis yang berkuasa.

Baca juga: Presiden Portugal Selamatkan 2 Wanita yang Terjebak di Laut

Rabu lalu, Presiden menghabiskan beberapa jam dalam "isolasi administratif," setelah seorang anggota rombongan dinyatakan positif.

Tetapi dia kemudian dinyatakan negatif dan tidak ditempatkan di karantina, karena kontaknya dianggap "berisiko rendah".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com