Kompas.com - 16/12/2020, 14:18 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19 SHUTTERSTOCK/solarsevenIlustrasi vaksin Covid-19

KOMPAS.com - Virus corona telah membunuh setidaknya 1,5 juta orang di dunia menurut data yang dicatat oleh Universitas Johns Hopkins di Amerika Serikat (AS).

Sejumlah perusahaan farmasi dunia, seperti Pfizer, Biotech, Astrazeneca, dan Moderna telah mengembangkan vaksin dan menunjukkan hasil yang menjanjikan.

Sehingga, beberapa negara mulai memvaksinasi warganya dengan mendahulukan kelompok masyarakat yang masuk dalam kategori rentan tertular.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), saat ini terdapat lebih dari 100 kandidat vaksin Covid-19 yang sedang dikembangkan di dunia, beberapa di antaranya masih dalam tahap uji coba pada manusia.

Banyak pihak berharap keberadaan vaksin dapat mencabut peraturan pembatasan dan lockdown.

Sejumlah negara di dunia mengumumkan vaksinasi Covid-19 akan diberikan gratis untuk semua warganya saat vaksin tersedia, mulai dari negara maju sampai berkembang.

Baca juga: Arab Saudi Buka Pendaftaran Vaksin Covid-19 Gratis untuk Rakyatnya

1. Inggris

Inggris merupakan negara pertama di dunia yang memberikan persetujuan untuk penggunaan darurat vaksin buatan Pfizer-BioNtech.

Pada pekan lalu, tepatnya 8 Desember 2020, salah warga Inggris, Margaret Keenan yang berusia 90 tahun, menjadi orang pertama yang mendapatkan suntikan vaksin tersebut.

Pemerintah Inggris menetapkan vaksin akan didahulukan bagi kelompok masyarakat yang paling rentan, yang mencakup sekitar seperempat penduduk Inggris.

Menurut data dari Depkes setempat, kelompok rentan ini mewakili 90 hingga 99 persen orang yang paling berisiko meninggal dunia akibat Covid-19.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X