Pria Ini Cetak Sejarah sebagai Imam Muslim Pertama di Badan Legislatif AS

Kompas.com - 16/12/2020, 09:31 WIB
Imam muslim pertama di Badan Legislatif Negara Bagian California, AS. Screengrab CNN mobileImam muslim pertama di Badan Legislatif Negara Bagian California, AS.

SACRAMENTO, KOMPAS.com - Negara bagian Amerika Serikat (AS), California telah menunjuk seorang imam Muslim pertama mereka di badan legislatif, lapor CNN, Senin (14/12/2020).

Imam Mohammad Yasir Khan mencetak sejarah sebagai muslim pertama yang berada di badan legislatif negara bagian California setelah ketua Majelis Negara Bagian, Anthony Rendon menunjuknya pada 7 Desember lalu.

"Imam Yasir Khan mewakili keragaman California yang tumbuh dengan seluruh cara terbaik," ujar Rendon dalam pernyataan yang dikutip dari CNN.

"Saya telah melihat pertumbuhan komunitas Islam di distrik saya sendiri dan menjadi dekat dengan para pemimpin agama dan tokoh masyarakat. Seperti mereka itu, Khan menunjukkan keinginan kuat untuk berkontribusi pada vitalitas spiritual dan sipil masyarakat California. Dia telah berkontribusi banyak dalam beragam cara."

Baca juga: Rashida Tlaib, Wanita Muslim Pertama Kandidat Kuat Anggota Kongres AS

Apa saja kontribusi Khan?

Khan telah berkontribusi sebagai imam di penjara lokal, di kantor Sheriff, dan juga rumah sakit dalam 6 tahun terakhir.

Dia juga seorang pendiri dan presiden organisasi nirlaba Al Misbaah yang bekerja sama dengan Sacramento Food Bank dalam menyediakan makanan di seluruh wilayah Sacramento.

Karena kontribusinya mendirikan dan menjalankan organisasi itu, banyak keluarga berpenghasilan rendah mampu hidup layak dan bergerak lebih maju.

Khan merasa bersyukur dan mengatakan bahwa terpilihnya di badan legislatif adalah karena atas izin Yang Maha Kuasa. 

Dengan rendah hati dia berkata kepada CNN, "Saya harap ini adalah langkah bagi para imam dan pemimpin Islam lain di negara ini untuk mengambil posisi sehingga kami dapat terhubung dengan komunitas lokal kami di tingkat daerah, kota, negara bagian dan federal."

Baca juga: Israel Angkat Hakim Perempuan Muslim Pertama di Pengadilan Agama Islam

Halaman:

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X