Joe Biden Nominasikan Mantan Rivalnya sebagai Menteri Transportasi AS

Kompas.com - 16/12/2020, 06:55 WIB
Pete Buttigieg mundur dari pilpres AS 2020. USA TODAY NETWORK/Michael CaterinaPete Buttigieg mundur dari pilpres AS 2020.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan mencalonkan Pete Buttigieg sebagai Menteri Transportasi AS.

Buttigieg adalah mantan Wali Kota South Bend di Negara Bagian Indiana dan merupakan saingan Biden dalam pemilihan calon presiden dari Partai Demokrat sebelumnya.

Kabar penunjukan Buttigieg sebagai calon menteri transportasi tersebut pertama kali dilaporkan oleh Associated Press dan Reuters yang mengutip para sumber yang mengetahui rencana Biden.

Jika pencalonan tersebut dikonfirmasi Senat AS, Buttigieg akan menjadi LGBTQ pertama yang mengisi jabatan posisi menteri di AS, sebagaimana dilansir Aljazeera, Selasa (15/12/2020).

Baca juga: Biden Akan Disuntik Vaksin Covid-19 di Depan Umum

CNN mewartakan pada 16 Juni bahwa Buttigieg mencatatkan sejarah sebagai pria gay terbuka pertama yang berkontestasi dalam pemilihan calon presiden dari Partai Demokrat.

Peran Menteri Transportasi diharapkan memainkan peran sentral dalam rencana Biden untuk mendorong paket infrastruktur bipartisan.

Rumor mengenai Buttigieg yang akan diberikan jabatan dalam pemerintahan Biden telah menyeruak selama beberapa pekan terakhir.

Sebelumnya, Buttigieg dirumorkan akan ditunjuk menjadi Duta Besar AS untuk China.

Baca juga: Sekutu Trump Akhirnya Akui Kemenangan Biden dalam Pilpres AS

Jika dikonfirmasi menjadi Menteri Transportasi, Buttigieg akan menggunakan latar belakangnya dalam hal tata kota untuk memimpin sebuah badan federal yang mengawasi jalan raya AS, sistem perjalanan udara, dan transit.

Meskipun dipandang sebagai bintang yang sedang naik daun dari Partai Demokrat, potensi nominasi Buttigieg untuk jabatan menteri telah ditentang oleh sejumlah pihak.

Halaman:

Sumber CNN,Aljazeera
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X