Kompas.com - 15/12/2020, 18:18 WIB
Foto yang dirilis Kementerian Kedaruratan Rusia menunjukkan panti jompo yang berada di Ishbuldino, Region Bashkortostan terbakar pada 15 Desember 2020. Sebanyak 11 lanjut usia (lansia) penghuni tempat itu tewas dan tiga lainnya menerima perawatan karena terluka. Russian Emergency Ministry Press Service via APFoto yang dirilis Kementerian Kedaruratan Rusia menunjukkan panti jompo yang berada di Ishbuldino, Region Bashkortostan terbakar pada 15 Desember 2020. Sebanyak 11 lanjut usia (lansia) penghuni tempat itu tewas dan tiga lainnya menerima perawatan karena terluka.

MOSKWA, KOMPAS.com - Sebanyak 11 lanjut usia (lansia) tewas, setelah panti jompo yang mereka tempati di kawasan Rusia tengah ludes terbakar.

Komite Investigasi, lembaga yang menangani kasus kejahatan skala besar, menyatakan sudah menggelar penyelidikan atas dugaan kelalaian dalam insiden di Bashkortostan.

Dalam video yang dirilis otoritas setempat, nampak asap berwarna oranye mengepul dari bangunan kayu berlantai satu di malam hari.

Baca juga: Lansia Tewas Terbakar Saat Masak Nasi di Rumah, Api Menyambar Sarung

Komite investigasi menuturkan, saat kebakaran terjadi ada 16 orang yang tengah berada di salah satu ruangan di panti jompo itu.

Empat di antaranya bisa melarikan diri. Namun tidak dengan sisanya. "Ketika api berhasil padam, kami menemukan ada 11 jenazah," jelas komite.

Situs berita lokal Ufa1.ru melaporkan, para korban terdiri dari tujuh pria dan empat perempuan, dengan usia mereka antara 57-83 tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kementerian kedaruratan Rusia menerangkan, mereka merespons kebakaran itu pada pukul 02.53, dengan api baru dikendalikan pukul 06.00 waktu setempat.

Dilansir AFP Selasa (15/12/2020), di siang hari nampak bangunan itu masih berdiri. Namun, dindingnya menghitam dengan atap dan pintunya jebol.

Penyelidik menyatakan, rumah yang berlokasi di Ishbuldino tercatat milik organisasi non-profit yang memang fokus kepada penanganan lansia.

Baca juga: Kebakaran Rumah di Kebumen, Seorang Lansia Tewas Terbakar

Namun, Interfax yang mengutip pejabat lokal menyatakan bangunan itu tak punya hak legal untuk menyediakan fasilitas rawat inap bagi manula.

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X