Habitatnya Tergerus, Platipus Spesies Asli Australia Terancam Punah

Kompas.com - 24/11/2020, 21:18 WIB
Penelitian baru menemukan platipus memenuhi kriteria untuk dikategorikan sebagai spesies yang terancam hilang. (ABC Open contributor simone_law) ABC OPEN CONTRIBUTOR/SIMONE LAW via ABC INDONESIAPenelitian baru menemukan platipus memenuhi kriteria untuk dikategorikan sebagai spesies yang terancam hilang. (ABC Open contributor simone_law)

CANBERRA, KOMPAS.com - Hanya dalam tempo 30 tahun, spesies asli Australia platipus telah kehilangan 22 persen habitatnya. Populasi hewan di beberapa sungai di Australia dikhawatirkan tak akan pernah pulih kembali.

Penelitian yang dilakukan University of New South Wales (UNSW) menyebutkan penurunan terburuk jumlah populasi terjadi di daerah seperti Lembah Murray-Darling yang sistem sungai alaminya telah dimodifikasi oleh manusia.

Menurut penelitian tersebut, pembangunan bendungan, ekstraksi berlebihan, pembukaan lahan, polusi dan pemangsaan oleh anjing liar dan rubah merupakan ancaman utama bagi platipus.

Baca juga: Temuan Baru, Tubuh Platipus Bisa Menyala dalam Gelap

Diperkirakan setengah populasi hewan ini musnah akibat berbagai ancaman tersebut.

"Dikhawatirkan populasi platipus akan menghilang dari beberapa sungai dan tidak akan pernah kembali, jika jumlah sungai terus menurun karena kekeringan dan pembangunan bendungan," kata Richard Kingsford, penulis laporan penelitian dari UNSW.

"Kita punya tanggung jawab secara nasional dan internasional untuk menjaga hewan unik ini. Bukti-bukti yang kami temukan tak menunjukkan tanda menggembirakan," katanya.

"Populasi platipus mengalami penurunan, sehingga kita perlu berbuat sesuatu sebelum terlambat," ujar Richard.

Wilayah jelajah mamalia bertelur ini mengalami penurunan terbesar di negara bagian NSW, di mana 32 persen habitatnya telah lenyap.

Baca juga: Pembuat Film Australia Butuh 7 Tahun Rekam Kehidupan Platipus

Queensland telah kehilangan 27 persen habitat platipus sementara Victoria hanya kehilangan 7 persen.

Penelitian ini dilakukan UNSW atas permintaan dari Australian Conservation Foundation (ACF).

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X