Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Kali Sejak Februari, Tak Ada Lagi Kasus Aktif Virus Corona di Victoria

Kompas.com - 24/11/2020, 21:09 WIB
Aditya Jaya Iswara

Editor

MELBOURNE, KOMPAS.com - Negara bagian Victoria, Australia semakin dekat untuk dinyatakan telah memerangi virus corona, setelah pasien terakhir yang dirawat di Melbourne sembuh dan kembali ke rumahnya, Senin kemarin (23/11).

Premier Victoria, Daniel Andrews menjelaskan pasien tersebut, yang merupakan satu-satunya kasus aktif yang tersisa, telah bebas dari virus corona setelah menjalani perawatan di Monash Medical Center.

"Hari ini menjadi sangat penting dan setiap warga Victoria bisa bangga atas peran mereka dalam mengalahkan gelombang kedua pandemi," kata Premier Andrews, Selasa (24/11/2020).

Baca juga: Peminat Bahasa Indonesia Turun Drastis di Australia, Pemerintah RI Didesak Ikut Bantu

Istri dari pasien terakhir tersebut, yang juga dirawat di rumah sakit karena virus corona, sudah lebih dulu sembuh pekan lalu.

Departemen Kesehatan Victoria menyatakan pasien pertama yang dirawat di rumah sakit akibat infeksi Covid-19 terjadi pada tanggal 21 Februari atau sembilan bulan lalu.

Depkes mengatakan dari 9.960 hasil tes Covid yang dilaksanakan kemarin, tak satu pun kasus baru yang ditemukan.

Dengan demikian, Victoria mencatat 24 hari berturut-turut tanpa kasus baru dan kematian terkait Covid-19.

Meskipun Victoria sudah bebas dari Covid-19, Premier Andrews tetap meminta warga agar jangan sampai lengah sebelum adanya vaksin.

"Masih jauh dari selesai bahkan dengan nol kasus hari ini, tidak ada kasus aktif, tes yang banyak dan masyarakat telah mengikuti aturan yang benar," katanya.

Baca juga: Kisah Muda-mudi WNI Bertahan di Australia sebagai Pekerja Penampungan Gandum

Rumah sakit Monash Health di Melbpurne menambah unit darurat untuk perawatan pasien Covid-19.MONAS HEALTH via ABC INDONESIA Rumah sakit Monash Health di Melbpurne menambah unit darurat untuk perawatan pasien Covid-19.
Victoria telah mencatat sebanyak 20.345 kasus Covid-19 dengan 819 kematian dan pada tanggal 11 Agustus lalu, terdapat 7.880 kasus aktif.

Negara bagian dengan ibukota Melbourne ini mengidentifikasi kasus positif pertama pada tanggal 24 Januari, yaitu seorang yang baru tiba dari luar negeri.

Pejabat langgar aturan sendiri di Sydney

Di negara bagian New South Wales (NSW), Premier Gladys Berejiklian menjadi sorotan karena terungkap dia tidak menjalani isolasi mandiri setelah melakukan tes Covid-19 pekan lalu.

Setelah berbulan-bulan mendesak warga NSW untuk mengikuti aturan, Premier Gladys diketahui melanggar aturannya sendiri tentang isolasi.

Ia dites COVID-19 di kantornya Selasa pekan lalu, namun tetap bekerja dan bertemu koleganya sambil menunggu hasil tes.

Premier Gladys menjelaskan ia mulai kehilangan suaranya sehingga memutuskan untuk menjalani tes sebagai tindakan berjaga-jaga.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com