PM India Telepon Presiden AS Terpilih Joe Biden, Diskusikan Peningkatan Hubungan India-AS

Kompas.com - 18/11/2020, 13:44 WIB
Narendra Modi, perdana menteri sekaligus pemimpin Bharatiya Janata (BJP) partai berkuasa di India saat ini. AFP/STRNarendra Modi, perdana menteri sekaligus pemimpin Bharatiya Janata (BJP) partai berkuasa di India saat ini.

NEW DELHI, KOMPAS.com - Perdana Menteri India Narendra Modi melakukan panggilan telepon pertamanya dengan Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden, lapor Associated Press (AP) Rabu (18/11/2020)/

Modi dan Biden sepakat untuk bekerja sama lebih dekat di masa mendatang. Menurut Menteri Hubungan Luar Negeri India, kedua pemimpin itu sepakat melakukan kemitraan strategis global yang komprehensif dan memajukan India-AS.

Percakapan mereka terjalin pada Selasa (17/11/2020) di mana mereka mendiskusikan prioritas mereka, termasuk tentang penanganan wabah virus corona, mendorong akses perolehan vaksin yang mudah dijangkau, tentang perubahan iklim dan kerja sama di wilayah Indo-Pasifik.

Baca juga: Perbedaan PM India Narendra Modi dan Trump di Tengah Dampak Krisis Virus Corona

Sebelum percakapan itu, Modi juga mengucapkan selamat kepada Biden dan pasangannya, Wakil Presiden AS terpilih, Kamala Harris pada 8 November.

Modi juga mengenang interaksi sebelumnya dengan Biden, termasuk bagaimana dia secara resmi mengunjungi Amerika Serikat pada tahun 2014 dan 2016.

Biden sendiri telah memimpin Sesi Gabungan Kongres AS yang disampaikan Modi selama kunjungannya ke Washington pada 2016.

Baca juga: Benarkah Orang India Kebal Corona karena Terbiasa Hidup Tak Bersih?

Modi dikenal sebagai sosok yang ramah terhadap presiden AS Donald Trump yang mengunjungi India pada Februari lalu.

Pemerintahan Trump di India, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan mantan Menteri Pertahanan Mark Esper yang mengunjungi India seminggu jelang pemilihan presiden Amerika pada 3 November meningkatkan pesan anti-China kepada India yang sudah berkonflik dengan China sebelumnya tentang perbatasan di Himalaya.

Pompeo dan Esper dalam acara itu menandatangani perjanjian memperluas pembagian informasi satelit militer dan menyoroti kerja sama strategis antara Washington dan New Delhi.

Baca juga: Joe Biden Diisukan Punya Kerabat di Era Kolonial India


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X